Senin, 24 Mei 2021 06:12 WIB

5 Fakta Virus Corona Baru di Malaysia, Ditularkan Anjing ke Manusia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render Ilustrasi virus Corona (Foto: Getty Images/BlackJack3D)
Jakarta -

Di Malaysia, para ilmuwan menemukan virus Corona baru yang yang menular dari seekor anjing ke manusia. Diketahui, sampel virus CCoV-HuPn-2018 tersebut berasal dari pasien di sebuah rumah sakit di Sarawak, Malaysia.

Sampel tersebut diidentifikasi menggunakan tes Corona yang dikembangkan ahli epidemiologi Institut Kesehatan Global Duke University Dr Gregory Grey dan mahasiswa pascasarjana, Xiu. Tes ini bisa mendeteksi seluruh virus Corona, termasuk COVID-19.

"Ini adalah swab (usapan hidung) dalam, seperti yang dilakukan dokter dengan pasien COVID-19," kata Gray, dikutip dari NPR.

Berikut beberapa fakta soal virus Corona baru yang ditemukan di Malaysia yang telah dirangkum detikcom.

1. Ditemukan pada 2,7 persen orang

Dari 103 sampel yang diuji dengan tes Corona yang dikembangkan Dr Grey, ada delapan atau 2,7 persen pasien yang terinfeksi virus Corona baru dari anjing ini. Virus tersebut banyak ditemukan pada bagian saluran pernapasan atas.

"Itu prevalensi virus (baru) yang cukup tinggi. Itu luar biasa," kata Dr Grey.

2. Kasus penularan belum pernah dilaporkan

Ahli virologi Anastasia Vlasova di Ohio State University sempat meragukan temuan Dr Gray. Vlasova mengatakan kasus seperti ini belum pernah dilaporkan.

"Virus Corona pada anjing tidak diperkirakan ditularkan ke manusia. Belum pernah dilaporkan sebelumnya," pikirnya saat menerima laporan.

3. Canine coronavirus

Untuk membuktikannya, Vlasova menumbuhkan virus Corona di laboratorium menggunakan larutan khusus yang ia tahu bisa digunakan untuk virus Corona anjing lain. Dari sequence gen virus, mayoritas genomnya adalah canine coronavirus atau CCoV-HuPn-2018.

"Mayoritas genomnya adalah canine coronavirus," katanya.

Vlasova mengatakan virus ini mungkin telah menginfeksi kucing dan babi. Namun, kemungkinan besar pada sampel pasien Malaysia, virus Corona baru tersebut melompat langsung dari anjing ke manusia.

Selanjutnya
Halaman
1 2