Selasa, 01 Jun 2021 13:32 WIB

Sembuh dari COVID-19, Pria India Tewas karena Terinfeksi 3 Jamur Sekaligus

Ayunda Septiani - detikHealth
Belum usai hadapi tsunami Corona dan jamur hitam, India kembali dihadapkan pada ancaman baru yakni jamur putih. Apa itu infeksi jamur putih? Jamur hitam mewabah di India. Foto: AP Photo/Mahesh Kumar A)
Jakarta -

Seorang pria di India yang baru sembuh dari COVID-19 dilaporkan meninggal karena terinfeksi tiga jenis jamur sekaligus.

Pria tersebut bernama Kunwar Singh, awalnya ia dirawat di rumah sakit Ghaziabad, Negara Bagian Uttar Pradesh, karena terpapar virus Corona. Media setempat melaporkan, Singh terserang jamur yang diyakini komplikasi karena Corona.

"Kunwar Singh sedang dalam perawatan tetapi meninggal karena toksemia pada pukul 19.30 pada hari Jumat," jelas dr BP Tyagi, spesialis THT di Rumah Sakit Harsh di daerah Raj Nagar kota, seperti dikutip dari laman Business Today.

"Jamur kuning, di samping putih dan hitam, terdeteksi saat endoskopi," tambahnya.

Sementara itu, dia mengatakan rumah sakitnya sedang merawat seorang pria berusia 59 tahun dari Muradnagar yang juga telah terdeteksi terkena infeksi jamur kuning.

"Jamur di Rajesh Kumar, seorang penduduk Muradnagar, terdeteksi di dekat otaknya. Setengah dari rahangnya telah diangkat," katanya.

dr Tyagi mengatakan, pasien yang ia rawat juga menderita toksemia tetapi tingkat infeksinya lebih rendah daripada yang diderita Kunwar Singh. Saat ini pasien tersebut sedang menjalani pengobatan antijamur.

Ghaziabad, yang berbatasan dengan Delhi, di Uttar Pradesh barat telah mencatat 434 kematian terkait dengan COVID-19 sejauh ini dan 1.779 kasus aktif virus Corona, menurut angka resmi yang diperbarui hingga Sabtu.

Sementara itu, pemerintah kabupaten setempat mengatakan 65 kasus jamur pada pasien telah terdeteksi di Ghaziabad hingga saat ini dan salah satunya telah meninggal karenanya.



Simak Video "Daftar Negara yang Larang Masuk Penerbangan dari Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/naf)