Rabu, 02 Jun 2021 10:11 WIB

Pemicu Sindrom Langka Treacher Collins, Viral Diidap Sekeluarga di Asahan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sekeluarga pengidap Treacher Collins Syndrome viral di TikTok Foto: Tiktok
Jakarta -

Satu keluarga di Asahan yang mengidap Treacher Collins Syndrome mendadak viral usai mengunggah video TikTok tengah menari. Videonya sudah dilihat lebih dari 26 juta orang dalam tiga hari terakhir.

"Itu video pertama yang bertiga. Kami iseng saja, besoknya saya lihat yang nonton sudah puluhan ribu, jadi viral," kata Surya, pemilik akun, kepada wartawan.

Dalam video viral, ada dua saudara kandung lain Surya yang mengalami kelainan bentuk wajah berbeda. Dikutip dari Healthline, Treacher Collins Syndrome juga bisa memicu beberapa komplikasi, bahkan hingga mengancam jiwa. Apa saja?

1. Masalah pernapasan

Treacher Collins Syndrome juga bisa memicu saluran pernapasan menjadi tak normal dan menyebabkan masalah pernapasan. Ada kemungkinan harus memasukkan tabung pernapasan ke tenggorokan atau memasukkannya melalui pembedahan ke dalam trakea.

2. Sleep apnea

Saluran udara yang tersumbat atau kecil dapat menyebabkan pengidap Treacher Collins Syndrome mengalami henti napas saat mereka tidur dan kemudian terengah-engah, atau mendengkur.

Sleep apnea dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan, agresi, hiperaktif, gangguan masalah memori, dan kesulitan belajar.

3. Infeksi mata

Karena bentuk kelopak mata mengalami kelainan, sangat mungkin mata pengidap Treacher Collins Syndrome mengering dan terinfeksi.

5. Gangguan pendengaran

Setidaknya setengah dari orang yang mengidap Treacher Collins Syndrome akan memiliki masalah pendengaran.

Saluran telinga dan tulang kecil di dalam telinga tidak selalu terbentuk dengan benar dan mungkin tidak mengirimkan suara dengan benar.

6. Masalah berbicara

Pengidap Treacher Collins Syndrome mungkin merasa sulit untuk belajar berbicara karena gangguan pendengaran, serta bentuk rahang dan mulutnya.

Banyak yang bertanya mengapa kondisi ini bisa terjadi. Ada beberapa orang yang berisiko menurunkan sindrom langka Treacher Collins seperti berikut.

Apa penyebab atau pemicu sindrom langka ini?

  • Dapat diwariskan dari salah satu orang tua yang mengidap Treacher Collins Syndrome atau hasil mutasi baru.
  • Jika kamu adalah orang dewasa dengan TCS, kamu memiliki peluang 50 persen untuk mewariskan gen tersebut kepada setiap anak yang dilahirkan.
  • Jika dua orang dewasa masing-masing membawa gen yang cacat, seorang anak yang lahir dari orang tua tersebut memiliki peluang 25 persen untuk mengidap penyakit TCS, 50 persen kemungkinan menjadi carrier, dan 25 persen lainnya kemungkinan tidak memiliki penyakit tersebut.



Simak Video "Langgar Kode Etik, dr Kevin Samuel Kena Sanksi IDI "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)