Kamis, 03 Jun 2021 13:03 WIB

Juli Sekolah Tatap Muka, Mahasiswa Ikut Divaksin Corona? Ini Kata Kemenkes

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di kawasan Jakarta Utara. Seperti diketahui, lansia jadi salah satu kelompok prioritas yang menerima vaksin Corona. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim bersikeras tak ada tawar menawar soal sekolah tatap muka Juli 2021. Nadiem beralasan, tak ditundanya sekolah tatap muka menyangkut masa depan Indonesia soal pendidikan.

"Tidak ada tawar-menawar untuk pendidikan, terlepas dari situasi yang kita hadapi," kata Nadiem dalam acara yang disiarkan YouTube Kemendikbud RI, Rabu (2/6/2021).

Meski begitu, pendidik dan tenaga kependidikan dipastikan Nadiem mendapatkan prioritas vaksinasi. Hal ini juga dibenarkan juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Bagaimana dengan mahasiswa? Apakah diprioritaskan juga mendapat vaksin Corona?

"Sekarang masih pendidik dan tenaga pendidik ya," katanya saat dikonfirmasi detikcom Kamis (3/6/2021).

Menurutnya, untuk vaksinasi Juli khusus masyarakat umum sasarannya masih dalam proses pembahasan.

"Nanti kita kan Juli ya untuk masyarakat umum kita masih proses pematangan lebih lanjut untuk kemungkinan tahapan-tahapan vaksinasi di periode Juli nanti," bebernya.

Sementara vaksinasi Corona pada usia anak, masih menunggu rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) hingga ITAGI. Khususnya terkait pembahasan jenis vaksin Corona yang mungkin direkomendasikan.

"Apakah vaksin itu sudah ada di negara kita, artinya jenis vaksinnya itu misalnya Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, Novavax, atau harus mencari jenis vaksin baru," jelas dr Nadia dalam diskusi virtual, Senin (31/5/2021).

"Nah kalau harus mencari jenis vaksin baru ya berarti harus negosiasi lagi pemerintah, belum tentu produsen vaksinnya punya stok vaksin, itu yang pertama," sambungnya.



Simak Video "Tempat Rawan Penularan Virus di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)