Sabtu, 05 Jun 2021 10:16 WIB

Bantuan Logistik Diperlukan untuk Warga Karantina COVID-19

Khoirul Anam - detikHealth
Lestari Moerdijat Foto: MPR
Jakarta -

Menurut Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, mengatakan solidaritas masyarakat dalam rangka meredam potensi meluasnya penyebaran COVID-19 perlu untuk ditingkatkan

Solidaritas itu bisa dalam bentuk bantuan logistik bagi masyarakat yang terdampak kebijakan karantina wilayah ketat dan konsisten disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

"Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangkitkan solidaritas masyarakat saat ini untuk membantu masyarakat yang di tempat tinggalnya sedang diberlakukan pembatasan pergerakan yang ketat," kata Lestari dalam keterangannya, Sabtu (5/6/2021).

Sementara itu, ujar politisi yang akrab disapa Ririe ini, bagi para pemangku kepentingan, solidaritas bisa direalisasikan antara lain dalam bentuk kecepatan dukungan dan ketepatan menyalurkan bantuan, serta kebijakan yang komprehensif dalam pengendalian COVID-19.

Kunjungan ke klaster-klaster baru di sejumlah daerah, menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, dapat dimanfaatkan juga untuk meng-update data terkait kondisi sosial masyarakat. Dia menegaskan, karena sejumlah strategi pencegahan dan pengendalian COVID-19 harus terus disempurnakan dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Menurut dia, daerah dengan klaster-klaster baru penyebaran COVID-19 harus menjadi sasaran sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam disiplin menjalankan Prokes dan vaksinasi COVID-19. Apabila peningkatan solidaritas masyarakat terjadi, jelas Rerie, dukungan kuat dari para pemangku kepentingan dari sisi peningkatan testing, tracing, dan treatments (3T) dalam rangka pengendalian COVID-19 di sejumlah sangat diperlukan.

(mul/up)