Rabu, 09 Jun 2021 08:22 WIB

Warga DKI Usia 18 Tahun Sudah Bisa Vaksin Corona, Pakai Vaksin Apa?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksinasi COVID-19 terus digalakan di Jakarta. Sebanyak 2.520.101 warga Jakarta telah menerima vaksin dosis pertama per Kamis, 3 Juni 2021. Foto: Agung Pambudhy
Topik Hangat Vaksin Corona 18+
Jakarta -

Warga DKI Jakarta yang berusia di atas 18 tahun kini sudan bisa mendapatkan vaksin COVID-19. Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan izin bagi Pemprov DKI untuk memperluas vaksinasi Corona kepada seluruh penduduk berusia 18 tahun ke atas.

Pelaksanaan vaksinasi tahap III di DKI ini akan menggunakan vaksin AstraZeneca.

"Pakai AZ (AstraZeneca)," kata juru bicara vaksinasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi detikcom, Kamis (9/6/2021).

Pelaksanaan vaksinasi di DKI ini juga dibarengi dengan sejumlah syarat. Di antaranya tetap memprioritaskan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan, lansia, petugas pelayanan publik, masyarakat rentan dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

DKI Pakai AstraZeneca

Sejak 5 Mei 2021, DKI Jakarta resmi menggunakan vaksin AstraZeneca di seluruh fasilitas layanan vaksinasi COVID-19. Ada 3 kategori wilayah di DKI yang akan mendapat vaksin AstraZeneca, salah satunya warga yang tinggal di lingkungan RW kumuh.

"Di bulan Mei ini, vaksin AstraZeneca kita pakai mulai per tanggal 5 Mei untuk suntikan dosis pertama," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam konferensi pers Rabu (5/5/2021).

DKI sudah menggunakan vaksin AstraZeneca sejak bulan Maret untuk kelompok petugas pelayanan publik. DKI, sebutnya, mendapat jatah 1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca dan sudah menerima 500 ribu dosis.



Simak Video "BPOM Pastikan AstraZeneca Batch CTMAV547 Aman Digunakan Kembali"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Vaksin Corona 18+