Jumat, 11 Jun 2021 13:56 WIB

10 Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami Tanpa Obat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Hipertensi Ilustrasi darah tinggi. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ternyata tidak hanya terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut, tetapi juga mengintai usia produktif. Salah satu penyebabnya adalah karena pola hidup yang buruk.

Jika masalah terus berlanjut, tekanan darah tinggi ini bisa meningkatkan risiko terkena penyakit lain, misalnya stroke hingga penyakit jantung.

Biasanya, untuk menurunkan darah tinggi sebagian besar orang akan mulai rutin mengkonsumsi obat-obatan. Tetapi, ada beberapa cara lain yang juga bisa membantu menurunkan darah tinggi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan darah tinggi.

1. Menurunkan berat badan

Seiring dengan peningkatan berat badan, potensi darah tinggi juga ikut meningkat. Kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea), yang selanjutnya bisa meningkatkan tekanan darah.

Mengurangi berat badan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan darah tinggi. Secara umum, setiap kilogram berat badan yang turun bisa mengurangi tekanan darah sekitar 1 mmHg.

2. Olahraga teratur

Dikutip dari Mayo Clinic, olahraga teratur selama 30 menit per harinya juga bisa menurunkan tekanan darah sekitar 5-8 mmHg jika memiliki tekanan darah tinggi.

Olahraga adalah kegiatan yang penting dilakukan secara konsisten. Jika kegiatan itu berhenti, risiko darah tinggi bisa kembali tinggi. Adapun beberapa olahraga yang cocok dilakukan untuk penderita darah tinggi, yaitu:

- Jalan kaki
- Jogging
- Bersepeda
- Berenang
- Menari

3. Konsumsi makanan yang sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat juga bisa menurunkan darah tinggi. Cara ini bisa menurunkan tekanan darah hingga 11 mmHg pada penderita hipertensi atau darah tinggi.

Beberapa asupan sehat yang harus dikonsumsi, seperti sayuran, biji-bijian, buah-buahan, dan produk susu rendah lemak. Selain itu, mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Pola makan seperti ini dikenal sebagai diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH). Meski tidak mudah, cara ini cukup efektif untuk membantu menurunkan darah tinggi.

4. Berhenti merokok

Potensi darah tinggi bisa meningkat karena merokok. Setiap satu batang rokok bisa meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit usai merokok.

Selain itu, berhenti merokok juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung serta meningkatkan kesehatan.

Tenyata tidur yang cukup juga bisa menurunkan darah tinggi lho. Simak penjelasannya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nakes Disebut Darah Tinggi Gegara Corona Meningkat, Ini Kata Kemenkes"
[Gambas:Video 20detik]