Jumat, 11 Jun 2021 19:05 WIB

Gawat, Jumlah Pasien Corona RSD Wisma Atlet Melonjak 359 Persen!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sejumlah kendaraan ambulans dan bus sekolah yang membawa pasien COVID-19 antre untuk masuk kawasan Rumah Sakit Darurat  COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta, Kamis (10/6). Antrean ambulans di RSD Wisma Atlet. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Juru bicara Satgas COVID-19 mengungkap keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta mencapai 67,05 persen. Pasien Corona yang masuk juga meningkat drastis hingga 359 persen.

"Hal ini (total pasien masuk harian RS) menggambarkan kegawatan yang terjadi karena semakin tinggi pasien harian yang masuk maka semakin menunjukkan kegawatan situasi," ungkap Wiku dalam konferensi pers Jumat (11/6/2021).

"Tempat isolasi terpusat ini mengalami kenaikan pasien harian dari yang sebelumnya 125 pasien masuk dalam satu hari, menjadi 574 pasien masuk per hari ini pukul 6 pagi tadi," sambungnya menekankan kenaikan jumlah pasien melampaui 300 persen.

Wiku mewanti-wanti hal ini menjadi perhatian bersama bagi seluruh kepala daerah untuk memperketat penanganan pandemi COVID-19. Kenaikan angka pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet disebutnya didominasi oleh tiga wilayah DKI Jakarta.

"Berdasarkan laporan per tanggal 8 Juni pasien yang masuk di tanggal tersebut didominasi dari wilayah kecamatan Cipayung, Ciracas, dan kecamatan Pasar Minggu," kata dia.

"Adanya peningkatan pasien masuk harian yang diikuti peningkatan bor di RS Wisma Atlet jadi alarm keras untuk kita," pungkasnya.

Wiku menegaskan perlunya antisipasi peningkatan kasus Corona di DKI Jakarta untuk meminimalisir penuhnya RSD Wisma Atlet hingga sejumlah RS lainnya. DKI Jakarta diketahui mencatat peningkatan 302 persen dalam 10 hari terakhir.



Simak Video "Syarat Mendapatkan Rujukan Isoman di RSDC Wisma Atlet "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)