Rabu, 16 Jun 2021 19:07 WIB

6 Obat Sariawan Alami Ala Rumahan, Ampuh dan Super Gampang Didapat

Vidya Pinandhita - detikHealth
Young woman eating yogurt, closeup Yogurt bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengobati sariawan. (Foto: Istock)
Jakarta -

Meski kecil dan tak terlihat, sariawan kerap mengganggu. Selain perih ketika mengunyah, beraktivitas dan berbicara pun jadi serba tak nyaman. Sebenarnya, adakah obat sariawan alami yang mudah diperoleh dan ampuh menyembuhkan?

Sariawan atau yang juga disebut kandidiasis oral sebenarnya adalah infeksi pada mulut, disebabkan penumpukan jamur Candida Albicans di lapisan mulut.

Seringkali, sariawan pada lidah atau bagian dalam bibir timbul karena trauma jaringan mulut, misalnya tak sengaja tergigit. Namun terkadang, sariawan yang tiba-tiba muncul bisa disebabkan daya tahan tubuh melemah, kekurangan B12 dan asam folat, atau infeksi bakteri atau virus.

Lantas, bisakah sariawan disembuhkan dengan bahan alami? Apa saja sih obat sariawan yang gampang diperoleh tapi mempan menyembuhkan perih di mulut? Berikut beberapa cara yang boleh dicoba:

1. Air garam

Larutan garam dan air hangat dipercaya memiliki sifat antiseptik sehingga bisa membunuh bakteri di mulut. Selain meredakan sariawan, kumur air garam dipercaya bisa meredakan gejala panas dalam seperti tenggorokan gatal, flu, dan batuk.

Caranya mudah, cukup larutkan 1/2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Kumur larutan, kemudian keluarkan. Lakukan berulang hingga larutan dalam segelas air habis. Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari.

2. Lemon

Gejala panas dalam, termasuk sariawan bisa disebabkan kekurangan vitamin C. Namun rupanya selain bisa dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin, jeruk lemon bisa jadi pilihan untuk obat sariawan.

Sama seperti larutan garam, jus lemon dipercaya mengandung antiseptik yang bisa melawan jamur penyebab sariawan. Menurut penelitian pada 2009, campuran perasan lemon dengan air hangat efektif mengobati sariawan. Larutan ini bisa dikumur, atau dioleskan langsung pada area sariawan.

3. Yoghurt

Selain lezat dan bisa melancarkan pencernaan, probiotik pada yogurt rupanya bisa membantu penyembuhan sariawan. Pasalnya, kandungan ini bekerja mengembalikan keseimbangan antara bakteri baik dan jahat di mulut.

Selain itu, tekstur yang lembut juga bikin yogurt pas dikonsumsi saat mengidap sariawan. Pilihlah yoghurt tanpa pemanis karena jamur penyebab sariawan bisa tumbuh subur karena gula.

4. Madu

Pemanis alami 1 ini tak hanya lezat, tapi juga kaya akan manfaat. Salah satunya, menyembuhkan sariawan di mulut. Selain dimakan langsung, madu bisa dilarutkan dengan teh hangat dan air jeruk nipis atau lemon.

Minuman ini dipercaya bisa menghilangkan bakteri di area mulut, serta menyembuhkan gejala panas dalam, termasuk sariawan dan tenggorokan gatal.

5. Kunyit

Bahan dapur ini ternyata juga banyak digunakan sebagai obat sariawan. Pasalnya, kunyit mengandung kurkumin yang memiliki kemampuan anti inflamasi. Menurut penelitian pada 2010, konsumsi kurkumin bisa meredakan sariawan oral.

6. Cuka apel

Beberapa orang percaya cuka apel baik digunakan sebagai toner wajah, berfungsi menyeimbangkan pH kulit dan membersihkan pori-pori. Rupanya, 1 fungsi lain cuka apel yakni meredakan sariawan di mulut.

Sebuah studi pada 2015 menunjukkan, cuka apel efektif membasmi Candida sehingga bisa membasmi sariawan.

Caranya, tambahkan 1 sendok teh cuka apel dengan 1 gelas air. Kemudian, kumur-kumur larutan tersebut selama 15 detik, lalu buang.

Selain mengandalkan 6 obat sariawan alami nan mujarab di atas, sariawan bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin C seperti jeruk, beri-berian, pepaya, mangga, dan sumber-sumber lainnya.



Simak Video "Aice & Kemendikbud Bagikan 2 Juta Masker untuk Sekolah Tatap Muka"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)