Kamis, 17 Jun 2021 13:00 WIB

Rekomendasi Obat Batuk Pilek untuk Anak, Apa Saja?

Content Promotion - detikHealth
Ilustrasi Anak Sedang Sakit Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ketika anak sakit batuk pilek, orang tua pasti merasa sedih dan khawatir. Orang tua harus sigap untuk segera memberikan pertolongan yang cepat dan tepat. Jangan sampai memberikan obat yang tidak diperlukan oleh anak. Yuk, cari tahu berbagai penanganan batuk pilek pada anak di bawah ini!

Obat Batuk Pilek untuk Anak yang Aman

Saat anak sakit batuk pilek, biasanya ia akan jadi lebih rewel dan terlihat tidak bersemangat. Kadang anak juga menjadi sulit untuk beristirahat atau tidur karena keluhan yang dirasakannya.

Sebagai penanganan awal, orang tua harus bijak dalam memilih obat sesuai dengan keluhan yang dirasakan anak, yaitu yang mengandung kombinasi pseudoephedrine HCI dan chlorphenamine maleate dengan tambahan dextromethorphan.

Berikut tiga rekomendasi obat batuk pilek pada anak.

1. Hufagripp BP (Batuk Pilek) Warna Hijau

HufaFoto: GH

Rekomendasi pertama adalah Hufagripp Batuk Pilek (BP). Obat ini adalah obat anak yang digunakan untuk meringankan batuk dan pilek. Obat ini juga bisa dikonsumsi untuk meringankan gejala pilek seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin serta gejala batuk.

Setiap 5ml Hufagrip BP ini mengandung Chlorpheniramine Maleate (CTM) 0.5mg , Pseudoephedrin 15mg dan Dextromethorphan HBr 7.5mg Hufagripp BP tersedia dalam bentuk sirup rasa strawberry ukuran 60 ml.

Aturan Pakai :

  • 6-12 thn 3x sehari 1 sendok takar
  • 2-6 thn 3x sehari ½ sendok takar
  • < 2 thn menurut petunjuk dokter

2. Actifed Plus Cough

ActifiedFoto: GH

Rekomendasi kedua adalah Actifed. Obat ini juga bisa dikonsumsi untuk meringankan gejala pilek seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin serta gejala batuk.

Setiap 5ml Actifed ini mengandung Pseudoephedrin 30mg, Tripolidine 1.25mg dan Guanifenesin 100mg.

Aturan Pakai :

  • Anak 2-6 thn 3-4 x sehari 1 sendok teh
  • Anak 6-12 thn 3 x sehari 1-2 sendok teh
  • Bayi di bawah 1 thn 3 x sehari ¼ sendok teh.

3. Triaminic Batuk Pilek

TriaminicFoto: GH

Rekomendasi ketiga adalah Triaminic Batuk Pilek. Obat ini juga bisa dikonsumsi untuk meringankan gejala pilek seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin serta gejala batuk.

Setiap 5ml Triaminic Batuk Pilek ini mengandung Pseudoephedrin 15mg dan Dextromethorphan HBr 5mg. Triaminic Batuk Pilek tersedia dalam bentuk sirup rasa cherry ukuran 60 ml.

Aturan Pakai :

  • 6-12 thn 3x sehari 1 sendok takar
  • 2-6 thn 3x sehari ½ sendok takar

Tentunya jika kondisi anak tidak kunjung membaik, sebaiknya orang tua segera membawa ia ke dokter anak untuk diperiksa dan diberikan penanganan yang sesuai. Begitu juga jika si kecil masih sering sakit, konsultasikan dengan dokter agar dapat diketahui penyebabnya.

(ads/ads)