Kamis, 17 Jun 2021 16:56 WIB

Vaksinasi DKI Tinggi, Tapi Kepatuhan Pakai Masker Turun Jadi 25 Persen

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Petugas Satpol PP melakukan operasi tertib masker di kawasan depan Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (15/19). Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkap kepatuhan warganya dalam memakai masker turun menjadi 25 persen. Ia pun mengimbau agar warganya tetap mematuhi protokol kesehatan, terlebih saat ini ibu kota sedang menghadapi lonjakan COVID-19.

Menurut Widyastuti, tingkat kepatuhan ini menurun semenjak kasus Corona di DKI Jakarta sudah mulai melandai. Terlebih, cakupan vaksinasi COVID-19 di ibu kota yang sudah cukup tinggi.

"Warga DKI sedikit berkurang ketaatannya terhadap protokol kesehatan. Ini ditengarai dengan survei yang kita lakukan bahwa di akhir dan awal tahun lalu sempat kita di posisi taat terhadap prokes itu angkanya 60-70 persen untuk memakai masker," kata Widyastuti dalam siaran BNPB, Kamis (17/6/2021).

"Tapi, akhir-akhir menurun menjadi 20-25 persen," lanjutnya.

Sekali lagi, Widyastuti mengimbau untuk seluruh warga DKI Jakarta untuk tidak lengah terhadap ancaman COVID-19. Meski sudah divaksinasi secara penuh, bukan berarti kita bisa terhindar dari infeksi virus Corona

"Meskipun DKI Jakarta ini termasuk provinsi yang cakupan vaksinasinya cukup bagus, tetapi kita tetap pesankan vaksinasi bukanlah satu-satunya cara, tapi harus dibarengi dengan pengetatan protokol kesehatan," tuturnya.



Simak Video "Vaksinasi Covid-19 Diharapkan Bisa Dilakukan Setahun Sekali "
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)