Jumat, 18 Jun 2021 07:23 WIB

Penasaran Cara Mendapatkan Vaksin COVID Gratis? Ya Memang Gratis Kok

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kemenkes mengizinkan vaksinasi Corona kepada penduduk berusia 18 tahun ke atas. Warga DKI Jakarta berusia di atas 18 tahun kini sudah bisa mendapatkan vaksin COVID-19. Vaksin COVID-19. Foto: Agung Pambudhy
Topik Hangat Berburu Vaksin Corona
Jakarta -

Seiring vaksinasi untuk tenaga kesehatan, petugas publik, dan lansia di seluruh wilayah RI, pemerintah mulai memberikan vaksin untuk usia 18 tahun ke atas. Terkait pertanyaan publik seputar cara mendapatkan vaksin COVID gratis, Kementerian Kesehatan menegaskan, pemberian vaksin termasuk dalam program gotong royong memang sama sekali tidak boleh dikenakan biaya.

"Vaksin ini harus diberikan secara gratis baik dari pemerintah maupun vaksinasi Gotong Royong. Kalau kemudian nanti sudah ditegaskan betul-betul tidak ada pembebanan atau apa pun, termasuk pengurangan benefit dari pekerja akibat proses vaksinasi, ini sudah suatu ketegasan," terang juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi dalam diskusi daring, Rabu (16/6/2021).

Menurutnya, kini vaksinasi untuk 18 tahun ke atas memang baru dilakukan di DKI Jakarta dan sekitarnya. Sesuai rencana, vaksinasi untuk 18 tahun ke atas di wilayah-wilayah lainnya akan berlangsung per Juli 2021.

"Sekarang perluasan vaksinasi di semua provinsi pada usia di atas 50 tahun, kemudian di Juli akan kita lakukan perluasan sampai dengan di atas 18 tahun sesuai rencana," lanjut dr Nadia.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin covid gratis?

Dalam sejumlah informasi beredar di media sosial, disebutkan bahwa vaksinasi untuk usia 18 tahun ke atas di sejumlah titik DKI Jakarta hanya memerlukan berkas KTP atau E-KTP.

Namun jika ingin mendaftar via aplikasi, bisa menggunakan aplikasi JAKI. Berikut langkah-langkahnya, mengacu pada laman resmi Twitter Jakarta Smart City (@JSCLab) untuk 18 tahun ke atas:

  1. Mengunduh aplikasi JAKI di smartphone masing-masing
  2. Klik banner 'Daftar vaksinasi' pada halaman utama
  3. Isi nama lengkap dan NIK
  4. Isi data yang diminta secara lengkap
  5. Pilih jadwal dan tempat vaksinasi yang diinginkan
  6. Lakukan pre-screening terlebih dahulu
  7. Tahap pendaftaran vaksin selesai.

Namun jika ingin mendapatkan vaksin COVID-19 di DKI Jakarta tanpa mengunduh aplikasi, berikut cara mendapatkan vaksin COVID gratis melalui website corona.jakarta.go.id:

  1. Akses website corona.jakarta.go.id
  2. Klik 'vaksinasi' yang terdapat di menu website
  3. Kemudian klik 'daftar vaksinasi' dan akan muncul kolom pengisian data.
  4. Masukkan nomor NIK dan nama lengkap untuk pengecekan jadwal vaksinasi. Setelah itu pilih Periksa.
  5. Jika tertera tulisan belum terdaftar, silakan klik daftar.
  6. Kemudian isi dan lengkapi data diri mulai tanggal lahir, alamat tinggal, pilihan lokasi vaksin, sampai dengan kategori.
  7. Setelah selesai, maka jadwal vaksinasi dapat dilihat, dan jangan lupa isi data pre-screening untuk membantu kelancaran di tempat vaksinasi.


Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)
Topik Hangat Berburu Vaksin Corona