Jumat, 18 Jun 2021 15:16 WIB

Live! e-Life: 'Olahraga Sebabkan Kematian?'

dtv - detikHealth
Jakarta -

Indonesia baru saja kehilangan seorang legenda bulu tangkis Markis Kido yang disebabkan oleh serangan jantung saat ia sedang bermain bulu tangkis di GOR Petrolin, Tangerang.

Selain itu, pesepakbola Christian Eriksen juga sempat mengalami henti jantung saat bermain sepak bola di laga Piala Eropa. Eriksen terselamatkan dan saat ini sedang menjalani pemulihan.

Olahraga yang seharusnya menjadi kegiatan bermanfaat bagi tubuh justu menjadi penyebab kematian tidak langsung seseorang. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah olahraga bisa jadi pemicu seseorang mengalami serangan jantung yang berujung kematian? Apakah semua orang rentan mengalami serangan jantung saat olahraga? Apa tanda-tanda yang dapat disadari sebelum mengalami serangan jantung saat olahraga?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, hari ini e-Life akan membahas tema "Olahraga Sebabkan Kematian?" bersama seorang Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh darah, Ahli Ilmu Faal Olahraga, dan TV Host, dr. Vito Damay, Sp.JP(K), M.Kes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC. Di episode kali ini akan dibahas pula mengenai langkah-langkah pertolongan pertama saat terjadi serangan jantung, oleh First Responder Indonesia Escorting Ambulance, Deby Marvira Handika Utama. Jangan lewatkan tayangannya hanya di detikcom, Jumat (18/06/21), pukul 19.00 WIB.

(gah/gah)