Minggu, 20 Jun 2021 06:10 WIB

Setelah Pasang Ring, Masih Bisa Kena Serangan Jantung? Ini Kata Dokter

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
sakit jantung Foto: shutterstock
Jakarta -

Orang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah pada jantung biasanya mendapatkan perawatan berupa pemasangan ring. Namun, apakah setelah pemasangan ring jantung pasien bisa terkena serangan jantung?

Spesialis jantung dari Heartology Brawijaya, Dr dr Dafsah Arifa Juzar, Sp.JP (K) menjelaskan, keberhasilan atau daya tahan pemasangan ring bergantung pada hasil akhir tindakan, apakah optimal atau tidak.

"Mungkin pemasangan ring kurang optimal, lalu tidak terdeteksi saat tindakan," ujar dr Dafsah dalam webinar kesehatan, Sabtu (19/6/2021).

Faktor kesehatan jantung juga sangat dipengaruhi oleh treatment yang dilakukan oleh penderita. Jika penderita rajin meminum obat, maka risiko terkena serangan jantung jadi berkurang.

Faktor lainnya adalah kesehatan jantung itu sendiri. dr Dafsah menyebut, jika otot jantung sudah rusak, maka manfaat dari pemasangan ring pun jadi tidak bisa didapatkan.

"Sudah pakai ring tapi tidak ada perbaikan itu tandanya otot jantung sudah rusak. Benefit (memakai ring) jadi hilang.

Pasien yang memakai ring pun harus senantiasa mengontrol berbagai faktor risiko. Misalnya, jika memiliki penyakit seperti kencing manis atau darah tinggi maka disarankan untuk rutin mengeceknya atau meminum obat secara rutin.

dr Dafsah menyebut, tidak ada batasan berapa jumlah maksimal ring yang bisa digunakan pada jantung. Namun jika penyumbatan terlalu banyak, dokter mungkin akan menyarankan operasi bypass untuk memberi pembuluh darah baru.

Pasien yang menggunakan ring juga boleh untuk menerima vaksinasi COVID-19. Selama faktor risiko terkontrol, pasien boleh melakukan vaksinasi dan meminum obat jantung seperti biasanya.

Serangan jantung adalah hal yang harus kita antisipasi. Baik wanita atau pria, keduanya mempunyai faktor risiko yang tinggi. Hanya saja, pada wanita tidak ada gejala yang khas. Sedangkan pada pria, gejala ditandai dengan keluhan sesak dan sakit ulu hati.

Untuk menjaga kesehatan jantung setelah pemasangan ring, dr Dafsah menyarankan untuk tetap berolahraga secara rutin. Namun jika penderita baru pulih dari penyakit jantung, perlu supervisi yang lebih lanjut ketika sedang berolahraga.



Simak Video "Yuk Belajar CPR, Pertolongan Pertama Henti Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)