Minggu, 20 Jun 2021 09:00 WIB

Cari Waktu Terbaik untuk Berjemur Agar Tak Kena COVID-19? Cek UV Index di Sini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi wisatawan di pantai bali, berjermur, menikmati pantai. Waktu terbaik untuk berjemur (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Matahari pagi diyakini punya banyak untuk memperkuat sistem imun agar tak mudah tertular COVID-19. Tantangannya adalah mencari waktu terbaik untuk berjemur agar manfaatnya optimal.

Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, terlebih di tengah lonjakan kasus yang gila-gilaan belakangan ini. Jangan sampai gara-gara ingin berjemur, malah berkerumun.

Pada prinsipnya, ada beberapa hal yang harus dipahami untuk menentukan waktu terbaik berjemur di pagi hari. Pertama, komponen sinar matahari yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar vitamin D adalah Ultraviolet B atau UVB. Komponen ini lebih mudah didapat ketika intensitas sinar matahari tidak terlalu redup.

Di sisi lain, sinar matahari yang terlalu terik justru merugikan. Selain bisa membuat kulit 'terbakar' dan menyisakan flek yang susah dihilangkan, beberapa penelitian juga mengaitkannya dengan risiko kanker kulit. Karenanya, penggunaan tabir surya dianjurkan ketika matahari terlalu terik.

Jadi kapan waktu terbaik untuk berjemur agar manfaatnya optimal? Jawabannya, tidak ada. Ada banyak faktor yang harus diperhitungkan, bahkan di satu lokasi pun intensitas sinar ultraviolet pada jam yang sama bisa berbeda-beda setiap harinya karena pengaruh cuaca.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) secara rutin membuat panduan terkait hal ini. Informasi indeks sinar ultraviolet (UV Index) di Indonesia bisa dipantau secara rutin setiap hari.

Perkiraan UV Index di berbagai wilayah Indonesia untuk menentukan waktu terbaik untuk berjemur pada hari ini, Minggu (20/6/2021) bisa disimak sebagai berikut.

[Gambas:Instagram]




Selain itu, informasi UV index juga bisa dicek di berbagai aplikasi ramalan atau perkiraan cuaca. Makin tinggi UV Index, makin tidak disarankan untuk berlama-lama berada di bawah paparan terik sinar matahari. Begitu juga saat UV Index terlalu rendah, berjemur terlalu singkat tidak akan terlalu memberikan manfaat.



Simak Video "Yang Perlu Diperhatikan Saat Berjemur Agar Dapat Hasil Optimal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)