Senin, 21 Jun 2021 12:01 WIB

COVID-19 Melonjak, Menkes Kebut Vaksinasi 1 Juta Orang Perhari Mulai Juli

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Menanggapi lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia kini, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut, percepatan vaksinasi COVID-19 sedang diupayakan. Ia menargetkan, pemberian vaksin untuk 1 juta orang bisa berlangsung mulai awal bulan depan.

"Mengenai vaksinasi, bapak presiden meminta minggu lalu untuk kita bisa bekerja sama dengan TNI dan Polri agar mencapai angka 700 ribu bulan ini. Kami laporkan, 716 ribu sudah dicapai Kamis kemarin," terangnya dalam konferensi pers virtual di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/6/2021).

"Kita yakin angka 1 juta vaksinasi per hari kita bisa capai di awal bulan depan sesuai dengan arahan bapak presiden," lanjutnya.

Ia menegaskan, penanganan lonjakan kasus ini tidak bisa hanya dengan pemaksimalan layanan kesehatan untuk pasien COVID-19. Yang tak kalah penting, yakni memaksimalkan pencegahan COVID-19 pada orang-orang yang belum terkena COVID-19. Tak lain, dengan pembatasan mobilitas dan percepatan vaksinasi.

"Yang lebih penting fokusnya bukan hanya ke sisi hilir sisi rumah sakit penanganan orang sakit, tapi lebih penting lagi ke sisi hulu bagaimana kita mencegah agar orang sehat jangan menjadi sakit," ujar Menkes.

Rencana percepatan vaksinasi COVID-19 mencapai 700 ribu-1 juta penerima ini sudah disampaikan dalam kesempatan sebelumnya terkait temuan varian Delta di DKI Jakarta, Kudus, dan Bangkalan.

Disebutkan, percepatan vaksinasi perlu diupayakan mengingat varian baru ini disebut-sebut lebih mudah menular dan gejala lebih berat dibanding varian Corona lainnya.

(vyp/up)