Selasa, 22 Jun 2021 18:20 WIB

Ambeien Bikin Tak Nyaman? Ini 5 Obat Ambeien yang Mujarab

Firdaus Anwar - detikHealth
Ambeien Nyeri embeien membuat duduk terasa tak nyaman. (Foto: iStock)
Jakarta -

Ambeien adalah penyakit yang disebabkan pembengkakan pembuluh darah rektum dan anus. Ambeien atau wasir bisa terasa sangat tidak nyaman bagi sebagian orang karena menimbulkan nyeri ketika sedang mengejan atau duduk.

Dikutip dari WebMD, ambeien bisa dibagi menjadi dua jenis berdasarkan lokasinya yaitu internal dan eksternal.

Ambeien internal mengacu pada pembengkakan yang terjadi di dalam rektum sehingga sulit untuk dilihat dan dirasakan. Sementara ambeien eksternal mengacu pada pembengkakan kulit di sekitar anus sehingga kadang bisa terlihat menonjol keluar.

Penyebab ambeien

Pembuluh darah di sekitar rektum dan anus dapat membengkak karena adanya tekanan. Dikutip dari MayoClinic, beberapa hal berikut bisa jadi penyebab ambeien:

  1. Mengejan terlalu keras saat buang air besar
  2. Duduk terlalu lama, terutama di toilet
  3. Diare atau konstipasi kronis
  4. Obesitas
  5. Hamil
  6. Sering mengangkat beban
  7. Diet rendah serat
  8. Seks anal

Risiko terjadinya ambeien akan semakin besar bila seseorang memiliki faktor risiko usia tua. Seiring bertambahnya usia, jaringan yang menopang pembuluh darah di area rektum dan anus akan semakin lemah sehingga rentan merenggang dan bengkak.

Gejala ambeien

Ciri-ciri ambeien dapat dibedakan berdasarkan tipenya. Secara umum ambeien dapat menimbulkan gejala:

  1. Nyeri di area bokong
  2. Gatal
  3. Benjolan di sekitar anus
  4. Perdarahan saat buang air besar

Dalam kasus tertentu, ambeien yang parah diketahui dapat menimbulkan anemia dan juga infeksi.

Obat ambeien

Ambeien biasanya akan sembuh sendiri. Namun, ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat ambeien sehingga keluhan dapat cepat reda. Berikut beberapa contoh obat ambeien:

Obat apotek

Ada obat ambeien khusus yang dijual bebas di apotek. Sebagian besar obat bekerja dengan cara menekan rasa nyeri dan meredakan pembengkakan.

Lidah buaya
Lidah buaya yang biasa digunakan dalam dunia kecantikan juga bisa dimanfaatkan sebagai obat ambeien karena sifat antiradangnya. Gunakan jel lidah buaya murni pada bagian yang terasa bengkak untuk membantu meredakan ambeien.

Kompres dingin

Kompres dingin bisa efektif membantu meredakan anus yang bengkak. Siapkan kompres dingin dari es yang dibungkus dengan kain bersih atau semacamnya, lalu tempelkan pada bagian anus selama 15 menit untuk mengobati ambeien.

Sayur dan buah

Berbagai jenis sayur dan buah yang kaya serat dapat menjadi obat ambeien. Ini karena kandungan serat yang tinggi pada sayur dan buah akan melancarkan pencernaan sehingga tak perlu mengejan terlalu keras saat buang air besar.

Olahraga

Olahraga yang teratur juga bisa jadi obat ambien. Olahraga dapat membantu menjaga seseorang dari ancaman duduk terlalu lama dan menjaga berat badan ekstra yang diketahui merupakan pemicu atau faktor risiko ambeien.



Simak Video "Tes WGS Diwajibkan bagi Pelancong dari Wilayah Terpapar Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)