Rabu, 23 Jun 2021 09:30 WIB

Selain Masker Rangkap, Simpul Tali Masker Bikin Lebih Efektif Cegah COVID-19?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Couple of used face masks hanging on the wall. People tend to wear same protective mask more than once. Covid-19 concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/RobertPetrovic
Jakarta -

Corona Indonesia kembali menggila di tengah laporan kasus varian baru yang lebih menular dan diyakini picu gejala COVID-19 lebih berat. DKI Jakarta, menjadi salah satu provinsi penyumbang kasus COVID-19 tertinggi.

Dalam keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta, warga disarankan untuk memakai masker ganda agar lebih efektif menangkal varian baru Corona. Caranya, seperti diketahui, memakai masker medis di bagian dalam, lalu untuk bagian luar ditambah masker kain.

Namun, bagi yang tak ingin memakai masker ganda, ada metode lain yang bisa meningkatkan filtrasi masker medis. Merujuk laporan studi CDC di dalam pedoman resmi, mengikat loop atau tali di bagian telinga bisa membuat masker medis yang dipakai lebih rapat sehingga tidak ada ruang masuk udara, di sisi-sisi wajah.

Berikut cara penggunaan simpul tali masker seperti yang diimbau Pemprov DKI.

1. Ikat tali masker sedekat mungkin dengan ujung masker

2. Selipkan ujung masker ke arah dalam

3. Pastikan tidak ada rongga ketika dipakai.

[Gambas:Instagram]

"Kedua metode dapat menghalangi partikel masuk, hingga lebih dari 95 persen, dalam percobaan laboratorium," jelas laporan CDC.

"Di tengah varian Corona yang beredar, apa pun yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki pemakaian masker agar berfungsi lebih baik, semakin cepat kita bisa mengakhiri pandemi ini," kata John T Brooks, ahli medis CDC.

Cara memeriksa masker sudah terpasang dengan baik

  • Periksa celah dengan menangkupkan tangan di sekitar tepi luar masker. Pastikan tidak ada udara yang mengalir dari area dekat mata atau dari sisi masker.
  • Jika maskernya pas, kamu akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker dan mungkin bisa melihat bahan masker bergerak masuk dan keluar saat bernapas.



Simak Video "Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)