Rabu, 23 Jun 2021 13:48 WIB

Indro Warkop Positif COVID-19, Ini Panduan Isolasi Mandiri di Rumah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR) dan Indro Warkop Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Komedian Indro Warkop mengumumkan dirinya terinfeksi virus Corona. Kabar ini ia sampaikan melalui akun Instagram pribadi miliknya.

Indro juga menceritakan kronologi dirinya terpapar COVID-19. Selama sepekan, ia mengatakan tak pernah bertemu siapapun selain orang rumah dan hanya ke luar saat fisioterapi di rumah sakit.

Ia dikabarkan positif COVID-19 pada Selasa, 22 Juni lalu.

[Gambas:Instagram]



"Saat ini saya isoman di kamar terpisah di rumah dengan pantauan dokter secara berkala," tulis Indro dalam unggahan di Instagram, dilihat detikcom Rabu (23/6/2021).

Indro mengatakan selama ini ia ketat menjalankan prokes, sebab dirinya punya komorbid dan sudah masuk dalam kelompok usia cukup rentan jika terpapar.

"Mungkin ada masa di mana imun drop dan tertular," sebutnya.

Tata cara isolasi mandiri di rumah

Agar cepat sembuh dari COVID-19, pasien yang isolasi mandiri di rumah juga disarankan tetap tenang dan tidak panik. Bagi pasien Corona yang isolas mandiri di rumah, diimbau selalu memakai masker.

Selain itu, beberapa hal penting lain yang perlu dicatat yakni:

  • Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat.
  • Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19
  • Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga
  • Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak nafas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi dan tempat tidur.
  • Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin.
  • Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (±15-30 menit)



Simak Video "Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan saat Isoman di Rumah dari Dokter Paru"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)