Rabu, 23 Jun 2021 16:37 WIB

Pesan Jokowi: Jangan Ada yang Menolak Vaksinasi COVID-19!

Firdaus Anwar - detikHealth
Presiden Jokowi Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pernyataan terkait kondisi wabah COVID-19 di Indonesia yang memburuk. Ia mengimbau agar warga yang sudah diberikan kesempatan segera menjalani vaksinasi COVID-19.

"Jika sudah ada kesempatan mendapatkan vaksin segera ambil, jangan ada yang menolak," tegas Jokowi dalam video yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (23/6/2021).

"Karena agama apapun tidak ada yang melarang vaksin demi keselamatan kita," lanjutnya.

Faktor agama memang disebut jadi salah satu alasan yang dipakai sebagian orang untuk menolak vaksin. Sebagai contoh ada yang menolak karena kandungan vaksin COVID-19 diduga haram.

Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU), Dr. Phil. Syafiq Hasyim, MA, meluruskan isu dan mengatakan vaksin bisa tetap dipakai karena kondisi darurat. Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahkan telah mengatakan vaksinasi COVID-19 sebagai kewajiban umat.

"Umat islam Indonesia tentunya wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah, untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah COVID-19," kata Ketua Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh beberapa waktu lalu.



Simak Video "Jokowi Minta Stok 41 Juta Vaksin Covid-19 Segera Dihabiskan!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)