Kamis, 24 Jun 2021 12:00 WIB

WHO Ungkap 6 Tempat Berisiko Tinggi COVID-19, Catat Daftarnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render Ilustrasi virus Corona. (Foto: Getty Images/BlackJack3D)
Jakarta -

Salah satu penyebab dari lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia adalah kelalaian masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Misalnya seperti tidak memakai masker hingga berkumpul di tempat-tempat ramai.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan virus Corona bisa menyebar di tempat dengan banyak orang berkumpul, berbicara keras, berteriak, hingga bernyanyi. Jika tidak menggunakan masker dengan benar, partikel droplet yang keluar dari sistem pernapasan akan menyebar dengan mudah.

Untuk itu, WHO menyarankan menghindari tempat-tempat keramaian atau kerumunan demi mencegah terjadinya penularan virus. WHO juga menyebutkan tempat-tempat yang memiliki risiko penularan tinggi COVID-19 seperti berikut:

  • Restoran
  • Tempat beribadah
  • Tempat bekerja
  • Klub malam
  • Tempat gym dan kelas kebugaran
  • Tempat latihan paduan suara

Selain lewat udara, WHO juga menyebutkan bahwa virus Corona bisa menyebar melalui permukaan barang yang terkontaminasi. Oleh karena itu, perlu memaksimalkan upaya pencegahan COVID-19, yaitu mematuhi protokol yaitu mencuci tangan, memakai masker, rajin mencuci tangan, selalu menjaga jarak fisik, dan menghindari tempat-tempat yang ramai.

Dalam laman resminya, WHO menegaskan bahwa COVID-19 bukanlah penyakit yang main-main. Langkah-langkah pencegahan yang ada saat ini harus tetap dilakukan untuk mencegah adanya risiko penularan COVID-19.

"Jika COVID-19 ada di lingkungan Anda, lakukan tindakan pencegahan mulai dari jaga jarak, pakai masker, usahakan ruang berventilasi baik, hindari keramaian, rajin cuci tangan, dan tutup mulut dengan siku atau tisu saat batuk," tulis WHO dalam laman resminya.



Simak Video "Menkes Prediksi Ada Lonjakan Kasus COVID-19 dalam Beberapa Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)