Kamis, 24 Jun 2021 17:58 WIB

Kasus Corona RI Meledak 20 Ribu Kasus, Kemenkes Ungkap Biang Keroknya!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah kendaraan ambulans dan bus sekolah yang membawa pasien COVID-19 antre untuk masuk kawasan Rumah Sakit Darurat  COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta, Kamis (10/6). Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Kasus baru harian COVID-19 di Indonesia tembus 20.574, menjadi rekor penambahan terbanyak selama pandemi Corona dimulai di Indonesia. Kondisi ini mengkhawatirkan, terlebih sudah banyak rumah sakit yang mulai penuh.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, mengungkap beberapa hal yang melatarbelakangi kenaikan kasus Corona, salah satunya mobilitas yang tinggi pada periode mudik lebaran.

"Hari ini peningkatan kasus cukup signifikan naiknya, kenakan kasus pasca momen lebaran ini karena adanya peningkatan mobilitas sebelum pengetatan mudik dan protokol kesehatan yang longgar," katanya dalam konferensi pers, Kamis (24/6/2021).

"Dengan kondisi ini ada ditambah varian baru menambah laju penularan yang ada," lanjutnya.

Nadia juga mengingatkan belum terlambat untuk mencegah penularan Corona dengan menghindari kerumunan dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Ia juga mengingatkan agar masyarakat melakukan tes Covid secara dini terlebih jika mengalami gejala.

"Kami mengingatkan untuk masyarakat yang mendapat jadwal vaksinasi terutama lansia untuk segera mendapatkan vaksinasi," pungkasnya.



Simak Video "Sejumlah Media Asing Soroti Lonjakan Kasus COVID-19 di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)