Jumat, 25 Jun 2021 13:20 WIB

COVID-19 RI Melonjak Besar-besaran, Kapan Pandemi Berakhir?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pemprov DKI Jakarta mulai mengaktifkan Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara, sebagai lokasi isolasi pasien COVID-19 tak bergejala. Begini suasana terkini di rusun tersebut. Ilustrasi. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Indonesia tengah menghadapi lonjakan kasus COVID-19 besar-besaran. Laporan terakhir per Kamis (24/6/2021), Indonesia mencatat penambahan kasus baru COVID-19 tembus 20 ribu.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan, waktu pandemi berakhir sulit diprediksi. Mengingat, pola pandemi COVID-19 di Indonesia yang berlangsung hingga saat ini sebenarnya sangat bergantung pada perilaku masyarakat Indonesia.

"Saya sering ditanya, kapan pandemi ini berakhir? Sulit menjawab dengan pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Setelah saya melihat pola pandemi ini, semuanya bergantung pada kita. Berapa lama pandemi akan terus ada, itu tergantung pada kita," ujar Menkes dalam konferensi pers virtual, Jumat (25/6/2021).

"Berapa banyak kasus yang akan naik, itu tergantung kepada kita. Berapa banyak orang yang masuk rumah sakit, saudara-saudara kita tenaga kesehatan yang masuk rumah sakit, itu juga tergantung kepada kita," lanjutnya.

Menurutnya, Indonesia akan berhasil melalui pandemi COVID-19. Pasalnya, pandemi ini bukan kali pertama Indonesia menghadapi situasi sulit, termasuk momen kemerdekaan hingga krisis ekonomi.

Seperti situasi-situasi sebelumnya, ia optimis Indonesia akan berhasil mengatasi pandemi COVID-19 selama ada kerjasama yang baik, termasuk dalam implementasi di lapangan seperti penerapan protokol kesehatan.

"Semakin kita bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak jangan berkerumun, rajin mencuci tangan, pandemi ini akan semakin cepat berakhir," pungkasnya.



Simak Video "Menkes Prediksi Ada Lonjakan Kasus COVID-19 dalam Beberapa Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)