Selasa, 29 Jun 2021 13:30 WIB

Resep Italia Bebas Masker Usai Sempat Dihadang 'Tsunami' COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ditengah lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, 10 negara ini justru tengah berhasil keluar dari pandemi dan memperbolehkan masyarakatnya lepas masker. Indonesia kapan? Foto: AP/Cecilia Fabiano
Jakarta -

Italia menjadi salah satu negara yang mencabut aturan wajib masker di luar ruangan. Mulai Senin (28/6/2021), warga di Italia bebas jalan di luar ruangan tanpa harus mengenakan masker.

"Mulai 28 Juni kami akan meninggalkan kebutuhan untuk memakai masker di luar di zona putih," Menteri Kesehatan Roberto Speranza memposting di Facebook setelah menerima saran dari dewan ahli pemerintah.

Padahal, Italia sebelumnya menjadi negara yang paling parah dilanda pandemi COVID-19. Kasus pasien COVID-19 rawat inap sempat melonjak drastis hingga mengkhawatirkan, apa strateginya?

Lockdown lebih awal

Italia melakukan beberapa cara menekan kasus COVID-19 seperti lockdown. Lockdown diterapkan dalam waktu lebih lama dibandingkan negara lainnya, dan Italia menjadi negara pertama di dunia yang melakukan lockdown nasional.

Tracing

Tes dan tracing dilakukan Italia secara efisien, sehingga risiko transmisi COVID-19 meluas bisa dicegah. Sementara di 21 Juni kemarin, pembatasan ketat di Italia sudah mulai dilonggarkan, tak ada lagi jam malam tetapi setiap warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Vaksinasi

Cakupan vaksinasi 'penuh' di Italia sudah mencapai 26 persen. Sementara mereka yang menerima dosis vaksin COVID-19 pertama mencapai 56 persen.

Angka vaksinasi secara luas sejalan dengan negara-negara besar Uni Eropa lainnya. Seiring dengan cakupan vaksinasi yang terus meningkat, kasus COVID-19 di sana berada pada level terendah di 2021, yaitu 21 kematian COVID-19 dan 495 kasus baru Corona berdasarkan laporan per Senin (28/6/2021).

Apa pertimbangan Italia bebas masker?

Meski sudah bisa bebas masker di luar ruangan, warga diimbau tetap membawa masker saat keluar rumah. Hal ini untuk berjaga-jaga jika berada di kerumunan dengan risiko penularan COVID-19 lebih tinggi.

Hal yang menjadi pertimbangan Italia bebas masker adalah hampir seluruh wilayah di Italia sudah zona putih COVID-19. Ada 19 wilayah yang sudah zona putih COVID-19.

Wilayah Italia bagian utara, Valle d'Aosta, masih masuk zona merah kuning, menunjukkan tingkat risiko terendah kedua.

Kabar baik ini menyusul keputusan bebas masker yang lebih dulu diterapkan di negara Eropa lainnya seperti Prancis dan Spanyol.



Simak Video "Spanyol Tak Lagi Wajibkan Warganya Pakai Masker, Indonesia Nanti Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)