Selasa, 29 Jun 2021 17:40 WIB

Kasus Corona Melonjak, Kebutuhan Oksigen di Kudus Raya Naik Hingga 500 Persen

Dian Utoro Aji - detikHealth
Kebutuhan Oksigen melonjak di kudus Foto: Dian Utoro Aji/detikHealth
Kudus -

Permintaan tabung oksigen di wilayah Kudus Raya mengalami lonjakan hingga 500 persen. Hal tersebut karena terjadi lonjakan kasus penyebaran virus Corona atau COVID-19 di wilayah Kudus dan sekitarnya.

"Peningkatan hampir 500 persen, sekarang satu rumah sakit 150 tabung oksigen perbulan, sekarang 100 tabung perhari. Itu luar biasa. Ini kita hap (perusahaan mengirim stok oksigen ke Kudus) ini dan import (pengambilan sendiri dari rumah sakit) dari rumah sakit ini untuk membantu masalah transportasi," kata Area Manager PT Samator Gas Industri Kudus Raya, Endy May Soni kepada wartawan ditemui di kompleks perusahaan di Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo, Kudus, Selasa (29/6/2021).

Dia mengatakan perusahaannya menyuplai enam kabupaten di wilayah Kudus. Dari mulai Grobogan, Demak, Jepara, Rembang, Blora, dan Pati. Disebutkan setiap hari kebutuhan oksigen di wilayah Kudus Raya ada 20 ton.

"Kudus sendiri kebutuhan adalah 7-8 ton tapi seluruh area kami di area kami sekitar 20 ton perhari. Mudah-mudahan ada hap seperti ini bisa membantu pendistribusian gas untuk menghadapi pandemi ini," ungkapnya.

"Sebelumnya permintaan salah satu rumah sakit sebagai contoh saja, satu bulan itu permintaan 150 tabung, sekarang dia minta 100 tabung per day (perhari). Itukan lonjakan cukup luar biasa. Satu tabung ada 6 meter kubik," lanjutnya Soni.

Soni mengatakan pihaknya terus berupaya untuk memenuhi pasokan oksigen di tengah pandemi virus Corona. Bahkan saat ini sudah ada pengiriman oksigen dari perusahaan langsung ke Kudus. Disebutkan sebelumnya ada kendala pasokan dan keterbatasan transportasi pengiriman oksigen.

"Bisa dilihat di sana, kita sudah memulai start hap untuk Kudus area, semoga ketersediaan Kudus area sudah bisa tercukupi. Kemarin sempat belum bisa tercukupi karena skala prioritas dan masalah pendistribusiannya. Tapi ini adanya blowup seperti ini kami bisa mencukupi Kudus kota dan area," jelasnya.

"Aset kami perlahan-lahan kami akan kami tambah, armada kami akan tambah, stok kami juga akan kami tambah. Ini kan proses rentang waktu yang akan dicukupi. Samator siap melayani dan peduli dengan masyarakat, sehingga tanpa digerakkan semua, kami mendistribusikan prinsip dasar yang utama kami akan melayani masyarakat," lanjut dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kebutuhan Oksigen untuk Pasien COVID RI Tembus 2.000 Ton per Hari"
[Gambas:Video 20detik]