Rabu, 30 Jun 2021 14:44 WIB

Daftar Lokasi Vaksin COVID-19 untuk Anak dan Ibu Hamil, Sudah Ada Belum Sih?

Destria - detikHealth
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan warga calon penerima vaksin COVID-19 di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Lanud Soewondo, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/6/2021). Program vaksinasi massal bersama BUMN ini diharapkan dapat meningkatkan percepatan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara, dengan target sebanyak 5.000 orang per hari  ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/rwa. Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Jakarta -

Pemerintah telah meluncurkan program vaksinasi COVID-19 untuk kelompok ibu hamil dan anak usia 12-17 tahun. Lokasi perdana vaksinasi ibu dan anak diselenggarakan di Kampung KB Muara Kidul, Kelurahan Pasir Jaya, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/6/2021).

Ibu hamil dan anak menjadi kelompok yang bisa mendapatkan vaksinasi karena risiko mereka yang juga amat rentan terhadap infeksi COVID-19.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Pancasan, Doni, mengatakan sekitar 20 ibu hamil dan anak telah mendapatkan vaksin COVID-19 di Kelurahan Pasir Jaya pada pelaksanaan yang dilakukan kemarin. Namun untuk resminya, mereka masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Puskesmas Pancasan, BogorPuskesmas Pancasan, Bogor Foto: Destria/detikHealth

"Jadi kebetulan itu dari BKKBN launching untuk ibu hamil, menyusui, dan anak 12-17 tahun jadi kita dari Dinas Kesehatan diminta untuk melakukan vaksinasi karena dilakukan di wilayah kami, Puskesmas Pancasan," katanya saat ditemui detikcom, Rabu (30/6/2021).

"Kemarin kan launching, untuk pelaksanaannya belum, kami juga sedang menunggu instruksi," lanjutnya.

Tidak disebutkan jenis vaksin COVID-19 yang digunakan. Pihak puskesmas hanya mengatakan memakai vaksin COVID-19 yang tersedia.



Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)