Kamis, 01 Jul 2021 15:19 WIB

PPKM Darurat, Menkes: Semua Kontak Erat Pasien Corona Wajib Karantina!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Warga Dusun Kendal, Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta, dites swab antigen secara massal. Tes swab dilakukan setelah 14 kepala keluarga di dusun tersebut positif COVID-19. Foto: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

PPKM Darurat resmi diberlakukan pemerintah saat kasus Corona di Indonesia makin gawat. PPKM Darurat ini akan dilaksanakan pada 3-20 Juli di Pulau Jawa dan Bali.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan aturan PPKM Darurat akan lebih ketat, termasuk untuk melacak kasus COVID-19 di masyarakat.

"Kami akan memperketat, jadi semua orang kontak erat itu harus dikarantina supaya tidak menularkan," katanya dalam konferensi pers, Kamis (1/7/2021).

Menkes mengatakan untuk daerah yang diberlakukan PPKM Darurat, pemerintah akan memprioritaskan penemuan kasus pada suspek dan kontak erat dari pasien terkonfirmasi. Seluruh kontak erat juga akan dites dan dikarantina.

"Hasil testing harus keluar dalam 24 jam," ungkapnya.

Beberapa poin penting yang tertuang dalam PPKM Darurat di antaranya:

- Pusat perbelanjaan, mal, dan pusat perdagangan ditutup
- Work from home 100 persen untuk sektor non esensial, dan 50 persen untuk sektor esensial
- Perjalanan luar kota wajib bawa kartu vaksinasi
- Tempat ibadah, fasilitas umum, dan kegiatan seni budaya, olahraga, dan kegiatan sosial lain yang dapat menimbulkan keramaian ditutup sementara.



Simak Video "Cara Dapat Kartu Vaksin yang Jadi Syarat Perjalanan Saat PPKM Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)