Ada Krisis Sana-Sini, Luhut Klaim Corona di RI 'Masih Terkendali'

ADVERTISEMENT

Ada Krisis Sana-Sini, Luhut Klaim Corona di RI 'Masih Terkendali'

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Senin, 05 Jul 2021 11:02 WIB
Jakarta -

Indonesia masih menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Namun, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meyakinkan masyarakat untuk tidak panik, karena penanganan pandemi Corona di Indonesia masih dapat terkendali.

Menurut Luhut, selama setiap masalah dapat ditangani dengan cara bekerja sama, maka masalah COVID-19 di Indonesia bisa teratasi dengan baik.

"Saya bisa sampaikan, sama seperti jawaban saya pada Presiden tadi malam, semuanya masih terkendali Pak Presiden. Ada kritis sana-sini, tapi semua dapat diatasi dan tim bekerja dengan sangat kompak, baik dari daerah sampai pusat," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (5/7/2021).

"Saya berharap kalau kita kompak, insyaAllah ini semua akan bisa teratasi," tambahnya.

Luhut menyampaikan beberapa langkah yang telah diambil pemerintah untuk mengatasi COVID-19. Salah satunya adalah kini masyarakat yang terinfeksi virus Corona dan terpaksa harus menjalani isolasi mandiri bisa memanfaatkan layanan telemedicine untuk mendapatkan pengobatan dan konsultasi secara gratis.

"Masyarakat diimbau untuk melakukan pemeriksaan swab antigen hanya di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes untuk memastikan bantuan pemerintah bisa diakses dan dimanfaatkan," ucapnya.

Kemudian permasalahan tentang kelangkaan oksigen di sejumlah rumah sakit pun diyakini Luhut sudah mulai teratasi, hanya saja pendistribusiannya yang terkadang memang masih ada kendala.

"Oksigen pun sebenarnya, ini karena ada peningkatan 3-4 kali dari jumlah yang dibutuhkan, jadi sempat distribusinya itu agak tersendat. Memang ada sedikit kekurangan, tapi sekarang dengan pengaturan dari 5 produsen oksigen, kita minta untuk 100 persen sekarang didedikasikan kepada masalah kesehatan," jelasnya.

Terakhir, Luhut menyampaikan saat ini sejumlah provinsi tengah membangun dan menyiapkan rumah sakit darurat untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19.

"Dari TNI misalnya ada 10 tenda-tenda darurat, yang kita gunakan juga seperti di RSPAD itu akan digelar mulai hari ini sampai terus ke depan, itu ada 310 tempat tidur dan kita ingin dari 310 itu mungkin kita akan bisa jadi tempat emergency," tuturnya.

Oleh karenanya, sekali lagi Luhut meminta kepada semua elemen masyarakat untuk dapat bekerja sama dengan baik dalam penanganan COVID-19, sehingga kita bisa mengatasi pandemi ini dengan baik.



(ryh/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT