Selasa, 06 Jul 2021 05:42 WIB

Round Up

Tak Perlu Borong, Pasien Isoman di DKI Bakal Dikirimi Obat-Vitamin Gratis!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Kementerian Kesehatan menyediakan layanan telemedicine untuk para pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri. Bukan cuma bisa konsultasi, pasien juga bakal mendapat kiriman obat dan vitamin gratis.

Lewat layanan ini, pasien bisa menjalani screening dengan tenaga kesehatan yang kompeten untuk mengidentifikasi gejala. Paket obat dan vitamin yang dikirim akan disesuaikan dengan gejala tersebut.

Untuk bisa memanfaatkan layanan ini, pasien diimbau untuk melakukan tes COVID-19 di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI.

"Masyarakat diimbau untuk melakukan pemeriksaan swab antigen hanya di lab yang terafiliasi dengan Kemenkes untuk memastikan (keasliannya). Jangan ambil dari luar," pesan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (5/7/2021).

Layanan ini akan mulai berjalan pada Selasa (6/7/2021) di DKI Jakarta untuk pasien COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan. Beberapa kriteria pasien yang wajib isolasi mandiri adalah:

  • Positif Corona dengan saturasi oksigen di atas 95 persen
  • Tidak ada riwayat sesak
  • Tidak ada komorbid

"Lebih baik diisolasi mandiri di rumah, karena terhindar dari exposure viral load yang tinggi di RS, secara emosional juga akan lebih tenang lebih baik sehingga imunitasnya terjaga," pesan Menkes.

(up/up)