Selasa, 06 Jul 2021 12:04 WIB

Mau Obat dan Konsultasi Telemedicine Gratis? Menkes Beberkan Syaratnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
man hand holding his nutritional supplemets, healthy lifestyle background. Ilustrasi obat. (Foto: iStock)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) membuka layanan telemedicine gratis bagi pasien COVID-19 yang melayani isolasi mandiri. Selain melayani konsultasi, telemedicine juga menyediakan obat dan vitamin gratis. Tapi ada syarat yang harus dipenuhi.

"Kita juga membantu teman-teman yang terkena positif tapi isolasi mandiri, yang bekerja sama dengan 11 platform telemedicine yang kemarin sudah diluncurkan agar mereka bisa tetap berkonsultasi dengan dokter dan bisa mendapat layanan obat gratis dari Kemenkes," jelas Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Selasa (6/7/2021).

Namun, Menkes mengingatkan untuk sementara layanan telemedicine ini baru bisa diakses atau dilakukan di DKI Jakarta. Selain itu, Menkes juga membeberkan syarat yang bisa mendapatkan layanan yang bekerja sama dengan 11 platform tersebut.

"Untuk sementara, layanan telemedicine dengan 11 platform ini dilakukan di DKI, dan juga berlaku untuk orang yang sudah positif terkena COVID-19 yang dikonfirmasi di data lab yang ada di database Kemenkes," kata Menkes.

"Jadi harus positif COVID-19 dulu supaya tidak ada penyalahgunaan," lanjutnya.

Bagi orang-orang yang sudah dipastikan positif COVID-19 baru bisa berkonsultasi lewat layanan tersebut. Menkes juga mengungkapkan para pengguna layanan tersebut akan digratiskan konsultasi oleh 11 platform telemedicine yang ada dan diberikan obat gratis dari Kemenkes.



Simak Video "3 Obat yang Diuji WHO untuk Pasien Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)