Selasa, 06 Jul 2021 14:40 WIB

Lagi Flu, Bolehkah Vaksin COVID-19? Ini Kata Pakar

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi Sakit Flu Bolehkah divaksinasi COVID-19 jika sedang mengalami flu? (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum vaksinasi COVID-19, termasuk harus dalam kondisi sehat. Kalau begitu, bolehkah vaksin COVID-19 saat lagi flu?

Dikutip dari Prevention, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) tidak menyarankan untuk divaksinasi COVID-19 jika kamu sedang mengalami gejala seperti flu. Salah satu alasannya karena dikhawatirkan kamu sedang terinfeksi virus Corona dan lebih baik menunggu sampai kondisi tubuh kembali pulih.

Selain itu, menurut ahli penyakit menular dari Vanderbilt University School of Medicine, William Schaffner, MD, melakukan vaksinasi COVID-19 ketika sedang mengalami gejala flu, dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko terkena efek samping dari vaksin.

"Jika hidungmu tersumbat dan tubuh lemas, vaksin berisiko membuatmu merasa menjadi lebih buruk lagi," ucap Schaffner.

Dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), ada 16 pertanyaan skrining vaksin COVID-19 yang akan ditanyakan ketika kamu hendak divaksinasi.

Salah satunya adalah pertanyaan tentang apakah kamu sedang mengalami gejala ISPA, seperti batuk, pilek, atau sesak napas dalam 7 hari terakhir? Apabila jawabannya adalah 'Ya', maka vaksinasi COVID-19 akan ditunda sampai kondisi pasien terkontrol dengan baik.

Namun, jika kamu masih merasa ragu apakah lagi flu boleh vaksin COVID-19 atau tidak, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Nanti dokter akan mempertimbangkan kondisi kesehatanmu, apakah kamu layak divaksinasi COVID-19 atau harus ditunda.

Selain itu, bagi kamu yang hendak divaksinasi COVID-19, ada sejumlah persyaratan yang direkomendasikan oleh Perhimpunan Dokter Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), yang juga wajib untuk diketahui. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2