Kamis, 08 Jul 2021 07:45 WIB

Usia Berapa Bisa Vaksin COVID? Simak di Sini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hampir tidak ada yang tersenyum saat melihat jarum menembus lengan. Ini sebagian ekspresi mereka yang sedang disuntik vaksin Covid-19. Kalian bagaimana? Foto: Antara Foto
Jakarta -

Vaksinasi adalah salah satu cara untuk memutus penularan virus Corona. Vaksin juga bisa mengurangi keparahan gejala jika terinfeksi. Usia berapa bisa vaksin COVID-19?

Kementerian Kesehatan telah mengubah pedoman batas usia penerima vaksin COVID-19. Terbaru, kelompok anak dan remaja juga masuk dalam kategori penerima vaksin Corona.

Anak-anak dimasukkan menjadi penerima setelah melihat kasus penularan pada usia muda meningkat dalam beberapa waktu belakangan. Usia berapa bisa vaksin COVID-19?

Vaksin Corona pada Anak

Usia berapa anak bisa vaksinasi COVID-19? Dalam petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19 oleh Kementerian Kesehatan, untuk usia anak, vaksin bisa diberikan pada usia 12-17 tahun.

Karena belum punya KTP, anak yang vaksin COVID-19 disyaratkan membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) anak.

Vaksin Corona anak dimulai dengan menggunakan vaksin Sinovac yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Reaksi pasca vaksinasi pada kelompok anak juga disebut ringan.

Syarat penerima vaksin Corona anak tak jauh berbeda dengan orang dewasa, yakni tubuh harus dalam keadaan sehat ketika hendak divaksinasi COVID-19. Artinya, para orang tua harus memastikan sang buah hati tidak sedang menderita sakit.

Kemudian apabila sang anak memiliki komorbid atau penyakit penyerta, seperti TBC, asma, kencing manis, penyakit darah, atau jantung, maka sebaiknya para orang tua berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang merawatnya. Nanti dokter akan mempertimbangkan, apakah anak tersebut layak mendapat vaksin COVID-19 atau tidak.

Vaksin Corona pada Dewasa

Untuk dewasa, jenis vaksin COVID-19 yang diberikan bisa beragam, tergantung dari stok yang tersedia di masing-masing daerah pada saat itu.

Kelompok ibu hamil dan menyusui juga sudah bisa mendapatkan vaksin COVID-19, dengan surat dari dokter. Demikian juga dengan pengidap penyakit komorbid, tetap bisa divaksin asal kondisinya terkontrol dan ada rekomendasi dokter yang menangani.

Usia berapa bisa vaksin COVID? Untuk kelompok ini, vaksinasi Corona sudah bisa diberikan pada usia 18-60 tahun ke atas.



Simak Video "80 Persen dari 21,5 Juta Lansia Masih Belum Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)