Kamis, 08 Jul 2021 19:00 WIB

Round Up

5 Fakta Tes Kumur Bio Saliva, Deteksi COVID-19 Tanpa Colok Hidung

Ardela Nabila - detikHealth
Woman rinsing and gargling while using mouthwash from a glass, During daily oral hygiene routine, Girl in a pink silk nightwear, Dental Healthcare Concepts Foto: Getty Images/iStockphoto/Tharakorn
Jakarta -

PT Biofarma bekerja sama dengan Nusantics akan meluncurkan inovasi Bio Saliva, yakni alat uji untuk mendeteksi COVID-19 dengan metode kumur (gargling). Sehingga, pemeriksaan bisa dilakukan dengan lebih nyaman.

Direktur Utama Biofarma Honesti Basyir dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama komisi VI DPR, Rabu (7/7/2021), mengatakan bahwa pihaknya siap memproduksi 40 ribu alat tes COVID-19 tersebut setiap bulannya.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai produk baru ini, berikut 5 fakta tes kumur Bio Saliva, alat deteksi COVID-19 tanpa colok-colok hidung.

1. Harga

Untuk mendapat pelayanan tes uji COVID-19 dengan alat ini, harga yang dipatok menurut Instagram resmi GSI Lab @gsilab.id, alat uji COVID-19 adalah Rp 799 ribu. Hmm... lumayan juga ya.

2. Uji validasi

Dalam pengembangannya, tes kumur Bio Saliva ini melibatkan lebih dari 400 sampel pasien yang terinfeksi COVID-19, termasuk pasien rawat jalan dan rawat inap. Riset uji validasi alat ini pun dilakukan selama tujuh bulan.

Selain itu, dalam proses pengembangan produk, sampel yang dipilih seluruhnya berasal dari pasien Indonesia. Dengan demikian, alat ini memiliki kesesuaian dengan penduduk Indonesia.

3. Izin edar Kemenkes

Pada 1 April 2021 lalu, alat uji COVID-19 ini resmi mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan setelah uji validasi yang dilakukan bersama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip), Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), dan Rumah Sakit Umum Pusat Dr Kariadi (RSDK) selesai dilakukan.

Bagaimana dengan akurasi dan klaim bisa mendeteksi 10 varian baru COVID-19? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Detail Rencana Bio Farma Produksi Tes PCR Kumur-kumur 'Bio Saliva'"
[Gambas:Video 20detik]