Senin, 12 Jul 2021 16:17 WIB

Hasil Tes Genose Negatif Corona Tapi PCR Positif COVID-19, Apa Artinya?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Genose Ibis Bandung Trans Studio Foto: Rafida Fauzia
Jakarta -

Peneliti GeNose, dr Dian Kesumapramudya Nurputra, menjelaskan mengapa hasil alat tes COVID-19 buatannya bisa berbeda dengan tes PCR (polymerase chain reaction). Misalnya, hasil tes GeNose menunjukkan negatif Corona, namun tes PCR positif.

dr Dian mengatakan dalam standar operasional prosedur (SOP) GeNose itu ada 4 hasil, yakni negatif kuat, negatif lemah, positif lemah, dan positif kuat. Apabila hasil tesnya menunjukkan negatif lemah, ada kemungkinan kamu sedang terkena COVID-19 namun belum terdeteksi sepenuhnya.

"Seperti saya kemarin ketika bergejala awal itu tes GeNose saya hasilnya negatif, lalu begitu saya lihat negatifnya, negatif lemah, negatif 0,51," kata dr Dian dalam perbincangan bersama detikcom, Senin (12/7/2021).

"Artinya, 51 persen saya negatif, 49 persen positif, berarti kan fifty fifty. Jadi ada protokolnya, kalau misalkan Anda bergejala dan hasil GeNose yang didapatkan negatif lemah, atau 0,52, maka lakukan pemeriksaan GeNose ulang besoknya," tambahnya.

Pasalnya, kata dr Dian, bisa jadi saat itu senyawa volatile organic compound (VOC), yang terpapar COVID-19, dalam napas belum terlalu cukup untuk ditandai sebagai hasil positif Corona. Menurutnya, hal ini juga bisa terjadi pada tes COVID-19 rapid antigen dan tes PCR.

"Misalnya, rapid antigen tidak akan bisa membuat nilai positif kalau CT Value-nya di atas 25, GeNose juga demikian," ujarnya.

"Atau masalah hari, GeNose itu kalau diberikan pada hari pertama atau kedua itu pasti hasilnya negatif. Begitu hari ketiga, baru dia memunculkan nilai positif. Sementara PCR baru bisa diperiksa di hari kelima. Rapid antigen baru bisa di hari kelima atau ketujuh setelah terpapar (COVID-19)," jelasnya,

Oleh karena itu, dr Dian menegaskan kita harus menggunakan alat kesehatan itu berdasarkan kapasitasnya masing-masing, termasuk GeNose.



Simak Video "200 Kasus Covid-19 'Ganas' di Beijing Teridentifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)