Selasa, 13 Jul 2021 08:00 WIB

Sertifikat Vaksin Ke-1 dan 2 Ada di PeduliLindungi, Begini Ngeceknya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tenaga kesehatan menjadi prioritas pertama vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Mereka akan mendapat sertifikat khusus sebagai bukti sudah divaksin. Foto: Ayunda Septiani/detikHealth
Jakarta -

Warga yang sudah mengikuti vaksinasi COVID-19 bakal mendapatkan sertifikat vaksin. Melalui situs atau aplikasi PeduliLindungi sertifikat vaksin ke-1 dan ke-2 bisa di-download dan dicetak bila dibutuhkan.

Untuk mendapatkannya, sertifikat vaksin bisa di-download melalui situs dengan mengunjungi PeduliLindungi.id maupun aplikasinya. Aplikasi PeduliLindungi bisa di-instal melalui Play Store atau App Store.

Bila belum terdaftar, kamu diminta melengkapi data diri seperti nama lengkap hingga nomor handphone untuk verifikasi data, dengan kode One Time Password (OTP) yang dikirimkan.

Bagi mereka yang sudah memiliki akun PeduliLindungi, sertifikat ke-1 bisa didapatkan dengan membuka profil, dan klik feature sertifikat vaksin. Dalam feature tersebut, tertera sertifikat vaksin Corona dosis pertama hingga dosis kedua yang siap diunduh untuk kemudian masuk ke galeri atau image masing-masing pengguna.

Selengkapnya, berikut cara mendapatkan melalui PeduliLindungi sertifikat vaksin ke-1 dan ke-2 pasca divaksin melalui situs maupun aplikasi.

Cara download lewat situs

  • Buka situs PeduliLindungi.id, lalu akan muncul menu Login/Register di kanan atas layar.
  • Buat akun terlebih dulu bila belum terdaftar di laman itu. Jika sudah memiliki akun, masuk ke akun kamu dan pilih menu Login Sekarang.
  • Masukkan nomor ponsel dan tekan Login Sekarang. Setelah itu, akan masuk langsung ke akun yang terdaftar.
  • Tekan nama akun, akan ada pilihan Akun Anda, Kotak Masuk, serta Sertifikat. Jika ingin mengecek dan mendownload sertifikat, pilih Sertifikat Vaksin.
  • Nantinya, akan terlihat sertifikat vaksin tergantung sudah berapa kali kamu mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Jika baru satu kali, maka hanya akan muncul Sertifikat Vaksin Pertama. Bila sudah divaksin penuh, akan tersedia dua sertifikat.
  • Klik Sertifikat itu dan muncul pilihan Unduh Sertifikat dan tekan tombol itu. Sertifikat akan terunduh ke dalam perangkat.

Cara download sertifikat lewat aplikasi

  • Untuk mengunduh sertifikat lewat aplikasi, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi PeduliLindungi di ponsel.
  • Setelah itu, pilih Login bila sudah punya akun. Jika belum tekan tombol Register.
  • Nantinya, akan diminta untuk memasukkan informasi yang diminta, seperti nama lengkap, NIK, dan nomor ponsel. Selanjutnya, akan masuk ke SMS enam digit kode OTP.
  • Selanjutnya, klik Paspor Digital dan pilih nama untuk memunculkan sertifikat vaksin. Tekan unduh untuk menyimpan PeduliLindungi sertifikat vaksin ke-1 dan ke-2.
  • Jika sudah, secara otomatis PeduliLindungi sertifikat vaksin ke-1 atau ke-2 akan tersimpan di ponsel.


Simak Video "Cerita Epidemiolog Dicky Budiman Vaksinasi Covid Sampai 5 Kali"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)