Selasa, 13 Jul 2021 11:33 WIB

Susu Tingkatkan Imunitas saat COVID, Bagaimana Kalau Si Kecil Alergi?

Khoirul Anam - detikHealth
Ilustrasi Anak Minum Susu Foto: Shutterstock
Jakarta -

Belakangan ini, varian baru COVID-19 banyak menyerang orang dewasa dan lansia, serta menambah juga kasus positif pada anak-anak. Biasanya, anak-anak terpapar COVID-19 dari orang tua atau orang lain yang tinggal serumah dengan mereka.

Diketahui, per Juni 2021, anak yang sudah terinfeksi COVID-19 di Indonesia mencapai 250.000, atau sekitar 12,6 persen dari total keseluruhan kasus positif yang tercatat.

Untuk itu, orang tua perlu mewaspadai penularan COVID-19 terhadap anak-anak. Selain waspada, orang tua pun harus meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh anak-anak agar terhindar dari virus berbahaya tersebut.

Cara jitu dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah dengan memberikannya asupan probiotik. Probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam saluran cerna yang merupakan organ imun terbesar dimana 70% sistem imun dipengaruhi saluran pencernaan.

Adapun asupan probiotik bisa didapatkan melalui susu sapi. Namun, orang tua perlu hati-hati karena sebagian anak mengalami alergi terhadap susu sapi.

Anak yang alergi susu sapi biasanya menunjukkan gejala diare, mual atau muntah, kram perut, kembung, ruam kulit, gatal-gatal, bengkak di bibir dan wajah, sesak di tenggorokan, kesulitan menelan, dan lainnya.

Saat Si Kecil terindikasi alergi susu sapi, orang tua disarankan tidak memberikan produk susu sapi dan juga makanan atau minuman yang mengandung protein susu sapi. Lalu bagaimana caranya supaya Si Kecil yang alergi tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, serta menjaga daya tahan tubuhnya selama pandemi ini?

Orang tua bisa melakukan beberapa alternatif. Salah satu alternatif yang bisa orang tua berikan bagi Si Kecil untuk konsumsi susunya adalah dengan memilih susu berbasis soya seperti Morinaga Soya. Morinaga Soya merupakan Susu Formula Pertumbuhan yang kebaikannya setara dengan susu sapi, untuk mendukung pertumbuhan anak yang alergi terhadap susu sapi.

Kebutuhan akan probiotik bisa diperoleh dalam Morinaga Soya karena susu ini mengandung probiotik Triple Bifidus, Vitamin C, D, E untuk bantu perkuat daya tahan tubuh Si Kecil yang alergi di masa pandemi.

Probiotik Triple Bifidus terdiri dari kombinasi tiga probiotik Bifidobacterium. Bifidobacterium Longum BB536 dapat mengurangi gejala alergi di saluran pernapasan, seperti rhinitis, batuk, hidung gatal atau tersumbat, dan asma. Selain itu, Bifidobacterium Breve M-16V dapat mengurangi gejala alergi pada kulit, seperti kemerahan, gatal pada kulit, dermatitis atopik, eksim. Adapun Bifidobacterium infantis M-63 dapat mengurangi gejala alergi di saluran cerna sehingga anak lebih tenang dan tidak gelisah.

Jadi, meskipun Si Kecil alergi protein susu sapi, dia tetap bisa mendapatkan kebaikan susu dari susu protein soya untuk tumbuh kembang serta daya tahan tubuhnya.



Simak Video "Tips Tingkatkan Imun Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)