Rabu, 14 Jul 2021 07:54 WIB

8 Cara Memulihkan Indra Penciuman yang Hilang Gara-gara COVID-19

Destria - detikHealth
Woman pinches nose with fingers looks with disgust away something stinks bad smell isolated on gray background. Foto: Getty Images/iStockphoto/SIphotography
Jakarta -

Penyintas COVID-19 kerap mencari cara memulihkan indra penciuman. Ada yang pulih sendiri begitu saja, ada yang butuh treatment tertentu untuk mempercepatnya.

Cara memulihkan indra penciuman bisa dilakukan dengan sederhana saat menjalani isolasi mandiri di rumah. Gejala COVID-19 anosmia kehilangan kemampuan penciuman dan perasa memang kerap mengganggu aktivitas, apa saja cara memulihkan indra penciuman yang bisa dicoba?

Menurut dokter spesialis paru dr Riyadi Sutarto dari RSUP Persahabatan, gejala COVID-19 anosmia bisa diatasi dengan melatih mencium aroma-aroma kuat, meskipun pada umumnya gejala COVID-19 anosmia kerap sembuh dengan sendirinya.

"Pengobatan anosmia dibantu atau stimulasi dengan bau menyengat, namun belum ada penelitian. Biasanya gejala akan hilang sendiri," jelasnya dalam webinar live di Instagram @radiokesehatan, Selasa (13/7/2021),

Selain saran dr Riyadi, detikcom merangkum beberapa cara memulihkan indra penciuman dari berbagai sumber seperti berikut.

1. Melatih penciuman

Melatih penciuman dengan sejumlah aroma bisa jadi cara paling efektif untuk memulihkan gejala COVID-19 anosmia. Caranya, coba mencium aroma-aroma kuat selama 20 detik secara berulang, dan intens dilakukan selang sehari hingga indra penciuman kembali muncul.

Aroma-aroma kuat yang bisa dicoba adalah.

  • Kopi
  • Wewangian bunga mawar
  • Aroma jeruk
  • Minyak kayu putih
  • Cengkeh
  • Daun mint

2. Minyak jarak

Minyak jarak berasal dari biji jarak. Ini digunakan untuk perawatan saluran hidung sebagai cara memulihkan indra penciuman.

Mencoba minyak jarak untuk gejala COVID-19 anosmia, bisa dicoba dengan cara memanaskan minyak jarak di atas kompor atau microwave, pastikan hangat dan tidak panas. Tempatkan dua tetes minyak di setiap lubang hidung dua kali sehari, setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

3. Jahe

Jahe memiliki aroma khas dan menyengat yang membuatnya bermanfaat untuk digunakan dalam pelatihan penciuman. Anda dapat menggunakan jahe bubuk atau mentah.

Anda juga bisa mencoba teh jahe untuk mengobati anosmia, dengan cara menggunakan teh celup jahe yang sudah jadi, atau bisa juga dengan membuatnya sendiri dari jahe mentah.

Kupas dan potong jahe mentah, seduh satu sendok makan jahe mentah dengan dua cangkir air panas selama sekitar 15 menit.

4. Membersihkan bagian dalam hidung

Salah satu cara memulihkan indra penciuman, yaitu dengan membilas bagian dalam hidung bisa dengan larutan air asin yang dapat membantu memulihkan indra penciuman, apabila dipengaruhi oleh infeksi atau alergi.

Cara memulihkan indra penciuman lainnya bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]