ADVERTISEMENT

Rabu, 14 Jul 2021 19:31 WIB

Awas! Penularan COVID-19 di Jawa-Bali Level 4, Level Tertinggi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Pemerintah menetapkan lima level transmisi komunitas kasus COVID-19 di kabupaten dan kota yang menjalani PPKM darurat. Level tersebut mengindikasikan tingkat situasi pandemi, dan ditetapkan berdasarkan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Indonesia lagi-lagi mencatatkan rekor kasus baru penularan Corona dengan penambahan 54.517 kasus, yang menjadikan total konfirmasi 2.670.046 kasus. Daerah di Pulau Jawa dan Bali masih menjadi wilayah dengan tingkat penularan tinggi.

"Seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali berada pada level situasi 4," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Rabu (14/7/2021).

Dalam penentuan tingkat transmisi komunitas ini, Kemenkes menggunakan tiga indikator utama, yakni jumlah kasus, jumlah kasus rawat, dan jumlah kematian per 100 ribu penduduk per minggu. Pemerintah telah menetapkan nilai ambang untuk masing-masing indikator ke dalam tingkat transmisi tertentu.

"Terjadi peningkatan kabupaten/kota yang berada di level 4, yakni 73 wilayah," beber Nadia.

Terdapat lima tingkat, yakni level 0 sampai 4. Setiap level menggambarkan kemampuan kapasitas respons sistem kesehatan, seperti testing, tracing, dan pengobatan rumah sakit mengatasi tingkat transmisi penularan virus di satu wilayah.

Pada wilayah berstatus level 0, kapasitas respons sistem kesehatan terhitung memadai dan tidak ditemukan kasus COVID-19 sama sekali. Sedangkan level 4 berarti kasus penularan sangat tinggi.

(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT