Kamis, 15 Jul 2021 14:39 WIB

Dari Sekian Banyak Vaksin Corona, Mana yang Paling Baik untuk Anak?

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 massal masih terus digencarkan di Indonesia. Tak hanya sasar orang dewasa, vaksinasi COVID-19 juga sasar anak usia 12 hingga 17 tahun Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Program vaksinasi Corona terus digencarkan demi memutus rantai penyebaran virus Corona. Vaksinasi Corona kini mulai bisa diterima oleh anak-anak usia 12 tahun ke atas. Dari berbagai vaksin yang ada di Indonesia, vaksin Corona apa yang paling baik diterima oleh anak?

dr Bob Wahyudin Sp A(K) menjelaskan mengenai vaksin yang bisa diterima oleh anak pada siaran langsung bersama detikcom, Kamis, (15/7/2021). Ia memaparkan bahwa menurut rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia vaksin merk Sinovac telah melalui dua tahap uji klinis sehingga dapat digunakan pada anak.

Kendati demikian, dr Bob secara pribadi lebih menyarankan vaksinasi untuk anak dilakukan setelah vaksin melalui uji klinis fase 3. Namun, bukan berarti vaksin seperti Sinovac tidak baik digunakan. Menurutnya, lebih baik untuk menerima vaksin merk apapun ketimbang tidak sama sekali.

"Menurut IDAI ada uji klinik fase 2 vaksin Sinovac bisa dijadikan untuk vaksin anak. Tapi kalau saya sebaiknya dipake vaksin yang sudah lewat uji kinis fase 3 kayak Moderna dan Pfizer. Tapi kalau darurat daripada gak ada boleh aja Sinovac, paparnya.

Mengenai efek samping vaksinasi, dr Bob menyebut sejauh ini tidak ada efek samping jangka panjang yang serius.

"Berkaca dari uji klinis yang sudah ada, tidak ada efek samping yang terlalu parah. Biasanya umum saja seperti vaksin selain COVID," lanjutnya.

Selain vaksinasi, dr Bob mewanti-wanti para orang tua untuk selalu menjaga protokol kesehatan apalagi jika bersama anak. Menurut penuturannya, penularan paling besar pada anak ada di kluster keluarga.

"Kalau orang tua positif biasanya anak juga ikut positif jadi harus langsung cek. Jaga protokol kesehatan, jangan bawa anak keluar. Kalau keluar ya dipakein masker anaknya. Karena penularan pada anak itu paling banyak dari orang tua," tutupnya.



Simak Video "Berikut Efek Samping Vaksin Sinovac pada Anak yang Banyak Dikeluhkan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)