Jumat, 16 Jul 2021 14:30 WIB

Gejala Varian Delta Mirip Pilek Biasa, Ini yang Perlu Dicurigai COVID-19

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet, Jakarta, meningkat. Kini Bed Occupancy Rate (BOR) di Wisma Atlet menyentuh angka 80% dari kapasitas normal. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Varian Corona Delta atau B1617.2 yang pertama kali ditemukan di India diyakini lebih mudah menular, bahkan hanya dengan berpapasan dalam waktu hitungan detik. Varian ini disebut-sebut sebagai biang kerok lonjakan kasus COVID-19 besar-besaran di RI. Lantas, apa saja gejala varian Delta? Adakah perbedaan dengan varian-varian lainnya?

"Walau sekarang ini 15 menit itu lebih diminalkan karena kita khawatir, memang kemampuan penyebaran varian Delta ini lebih cepat. Istilahnya, bukan lantas 15 menit (baru menular), sebetulnya secepat-cepatnya (berpapasan)," kata ahli patologi klinik Universitas Sebelas Maret dr Tonang Dwi Ardyanto, SpPK, PhD, FISQua pada detikcom, Kamis (15/7/2021).

Berbedakah gejala varian Delta dengan varian-varian Corona lainnya? Apakah gejalanya lebih berat, atau justru lebih ringan?

Sejumlah ahli menyebut, tidak ada perbedaan gejala yang mencolok pada pasien COVID-19 akibat varian Delta dengan varian-varian Corona lainnya.

Akan tetapi, pendapat berbeda disampaikan oleh profesor epidemiologi genetik di King's College London sekaligus pendiri studi gejala COVID ZOE, Professor Tim Spector, MD. Menurutnya, pada pasien berusia muda, varian Delta menyebabkan gejala yang amat mirip dengan pilek biasa.

"Sejak awal Mei, kami telah melihat daftar gejala terbanyak yang dilaporkan pengguna... dan itu sudah tidak sama lagi," kata Prof Tim dikutip dari BBC, Jumat (16/7/2021).

"Varian ini sepertinya bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Orang-orang mungkin akan merasa hanya terkena pilek musiman biasa sehingga masih keluar rumah untuk pesta dan kemungkinan akan menyebarkannya ke enam orang lain. Ini yang jadi masalah," sambungnya.

Lantaran sejumlah gejala akibat varian Delta mirip dengan pilek biasa dan mungkin sulit dicurigai sebagai COVID-19, Prof Tim mengingatkan, segera lakukan pemeriksaan jika mengalami 3 gejala varian Delta seperti:

  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Pilek
  • Demam
  • Batuk
  • Kehilangan kemampuan indera penciuman dan perasa.


Simak Video "Kenali Gejala yang Timbul dari Varian Corona Delta"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)