Jumat, 23 Jul 2021 07:49 WIB

DKI Bakal Hujan, Waktu Berjemur yang Baik untuk COVID-19 Ada di Jam Berapa?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pedestrian di kawasan Sudirman selau dipadati para pejalan kaki meski giguyur hujan. Begini penampakannya. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Di tengah tingginya kasus COVID-19, menjaga daya tahan tubuh menjadi amat krusial untuk melindungi diri dari risiko terpapar virus Corona. Salah satunya, dengan membiasakan diri berjemur pagi hari. Namun melihat cuaca DKI Jakarta mendung, kapan ya waktu berjemur yang baik untuk COVID-19?

Saat terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari, tubuh secara alami memproduksi vitamin D. Nah, vitamin inilah yang berfungsi mencegah peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun perlu diketahui, intensitas paparan matahari pagi tak terlepas dari faktor cuaca. Maka itu untuk mendapatkan manfaat optimal dari berjemur pagi hari, faktor ini harus diperhitungkan. Sebab semakin rendah intensitas matahari, misalnya saat cuaca mendung, paparan ultraviolet (UVB) semakin rendah, sehingga butuh durasi lebih lama untuk berjemur.

Sebaliknya, ketika cuaca sedang sangat panas, paparan ultraviolet akan semakin tinggi sehingga berisiko menimbulkan kulit terbakar. Pada kondisi ini, berjemur dengan durasi lama terlebih tanpa proteksi sunblock tidak dianjurkan lantaran bisa menimbulkan kerusakan kulit hingga kanker kulit dalam jangka waktu lama.

Lalu jika cuaca mendung, pukul berapa waktu berjemur yang baik untuk COVID-19?

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi DKI Jakarta akan diguyur hujan disertai petir dan angin kencang pada Jumat (23/7/2021).

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakut, Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan Jaktim pada sore dan malam hari," tulis BMKG dalam situs resminya.

[Gambas:Instagram]

Mengatasi kondisi tersebut, selain faktor waktu, intensitas sinar matahari atau UV Indeks bisa dijadikan patokan untuk menentukan waktu berjemur yang pas. Nilai ini bisa dipantau di aplikasi ramalan atau perkiraan cuaca atau di situs BMKG.

Berikut perkiraan UV Indeks untuk Jumat (23/7/2021) di berbagai wilayah Indonesia sebagai patokan waktu berjemur yang baik untuk COVID-19:

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Hanya Mengingatkan! Hati-hati dengan Varian Mu"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)