Minggu, 25 Jul 2021 08:38 WIB

Mumpung Libur, Waktu Berjemur yang Baik untuk COVID-19 Bisa Cek di Sini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Berjemur bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh. Waktu berjemur yang baik untuk para pasien COVID-19 bisa ditentukan dengan memperhitungkan UV Index.

Apa itu UV Index? Sederhananya, UV Index merupakan ukuran yang menggambarkan intensitas sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Nilainya berubah-ubah sepanjang hari, tergantung banyak faktor seperti cuaca dan kondisi geografis.

Makin tinggi UV Index, makin tinggi risiko kulit terbakar jika terlalu lama berjemur. Sebaliknya, makin rendah UV Index makin butuh waktu lebih lama untuk berjemur agar manfaatnya optimal.

Menentukan waktu berjemur yang baik untuk membantu pasien COVID-19 menjaga daya tahan tubuh tak sesimpel memilih jam tertentu. Jam 10 pagi dengan cuaca mendung, tentu intensitas sinar mataharinya berbeda dengan jam 10 pagi saat cuaca cerah.

Nggak susah kok untuk ngecek UV Index. Biasanya, IV Index bisa dilihat di berbagai aplikasi prakiraan cuaca.

Nggak mau instal aplikasi? Tenang, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) secara rutin mempublikasikan prediksi UV Index harian yang bisa dipakai sebagai panduan menentukan waktu berjemur yang baik untuk para pasien COVID-19.

Prakiraan UV Index hari ini bisa dicek dalam unggahan berikut:

[Gambas:Instagram]




(up/up)