Minggu, 25 Jul 2021 23:00 WIB

Perpanjang PPKM, Jokowi Maksimalkan Obat-Vitamin untuk Isoman COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Petugas menyiapkan obat COVID-19 di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021). Mulai hari ini, Pemerintah Pusat resmi membagikan sebanyak 300.000 paket obat gratis berupa multivitamin, Azithtromycin, dan Oseltamivir bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp. Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang PPKM dengan beberapa pelonggaran hingga 2 Agustus 2021. Dukungan obat-obatan serta vitamin dan suplemen bagi pasien isolasi mandiri (isoman) COVID-19 akan dimaksimalkan.

"Secara khusus saya minta kepada para menteri terkait juga segera melakukan langkah-langkah maksimal untuk membagikan vitamin suplemen kepada masyarakat," kata Jokowi dalam siaran pers, Minggu (25/7/2021).

"Memberikan dukungan obat-obatan dan konsultasi dokter terhadap isolasi mandiri serta dukungan pengobatan di rumah sakit," lanjutnya.

Untuk daerah-daerah dengan angka kematian tinggi, Jokowi meminta kapasitas rumah sakit dan ketersediaan oksigen ditingkatkan. Demikian juga dengan isolasi terpusat, juga harus dimaksimalkan.

Jokowi juga menyinggung ancaman varian Delta yang disebutnya sangat menular. Selain itu, ia juga mengajak untuk mewaspadai kemungkinan adanya varian lain yang lebih menular di dunia.



Simak Video "Jumlah Virus Varian Delta 1620 Kali Lebih Tinggi dari Varian Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)