Jumat, 30 Jul 2021 10:04 WIB

Kesehatan Massa Otot Bisa Bawa Dampak Finansial, Yuk Cek Faktanya!

Khoirul Anam - detikHealth
Ilustrasi Kakek Nenek Foto: shutterstock
Jakarta -

Massa otot akan semakin terkikis seiring bertambahnya usia. Adapun massa otot hilang sebanyak 8% per 10 tahun ketika seseorang menginjak usia 40 tahun dan kehilangan massa otot akan meningkat dua kali lipat setelah menginjak usia 70 tahun.

Sementara itu, Peneliti dari Changi General Hospital, SingHealth Polyclinics dan Abbott menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan nutrisi seimbang pun dapat kehilangan massa ototnya. Hal ini menandakan, orang dewasa yang tampak sehat tetap rentan terhadap kehilangan otot.

Pakar spesialis kesehatan otot dari Amerika Serikat, Suzette Pereira, Ph.D., menyebutkan bahwa di dalam tubuh manusia terdapat 600 jaringan otot. Sebanyak 40 persen massa otot menyumbang untuk berat badan.

Kehilangan massa otot terbukti berdampak pada kesehatan. Namun, banyak orang belum menyadari bahwa dampak itu turut membawa permasalahan finansial.

Diketahui massa otot yang rendah dapat mengurangi kekuatan tubuh dan keseimbangan dalam beraktivitas sehingga lebih rentan terjatuh. Bahkan massa otot yang rendah akan berakibat pada menurunnya fungsi daya tahan tubuh.

Berikut ini beberapa dampak serius ketika seseorang kehilangan massa otot.

Patah Tulang

Patah tulang akan terjadi ketika seseorang kehilangan massa otot. Patah tulang disebabkan karena terjatuh saat beraktivitas. Pasalnya, kekurangan massa otot dapat mengganggu keseimbangan tubuh.

Laporan dari American Society for Bone and Mineral Research pada 2015 menemukan bahwa orang dengan massa otot rendah memiliki 2,3 kali risiko patah tulang akibat jatuh, seperti pinggul patah, tulang selangka, kaki, lengan, atau pergelangan tangan.

Patah tulang yang diderita oleh orang-orang berusia di atas 40 tahun bakal memerlukan perawatan lebih panjang. Hal ini tentunya dapat berdampak pada kesehatan finansial karena perawatan tersebut memerlukan biaya. Di samping itu, patah tulang mengakibatkan penderitanya tidak dapat beraktivitas, salah satunya bekerja.

Diabetes

Manfaat utama lainnya dari memiliki otot yang sehat adalah membantu melindungi tubuh dari serangan diabetes. Ketika tubuh mencerna karbohidrat, seperti kentang, roti atau nasi, gula memasuki aliran darah dalam tubuh dan sebagian besar dikirimkan ke otot.

Otot tersebut lalu menjadikan gula sebagai energi atau menyimpannya sebagai glikogen untuk menjaga kadar gula darah. Metabolisme tubuh seperti itu sulit diproses ketika tubuh kehilangan massa otot. Oleh karena itu, diabetes menjadi risiko lainnya ketika kehilangan massa otot.

Diabetes tentu merupakan penyakit serius yang memerlukan perawatan dan pengobatan. Hal ini pun akan berdampak pada finansial untuk membayar perawatan yang dilakukan.

Gangguan Jantung

Gangguan jantung menjadi permasalahan lain ketika seseorang kehilangan massa ototnya. Bagaimana pun, permasalahan ini dapat terjadi karena jantung memerlukan kerja massa otot.

Diketahui, risiko dapat meningkat bahkan pada orang-orang yang tak memiliki riwayat penyakit jantung, terutama pada pria dengan usia di atas 45 tahun.

Seperti patah tulang, gangguan jantung juga memerlukan perawatan serius. Perawatan juga memerlukan biaya dan secara tak langsung berimplikasi pada keuangan.

Oleh karena itu, mencegah agar tidak kehilangan massa otot menjadi hal yang perlu dilakukan bagi siapa saja. Cara pencegahannya bisa berbagai macam, seperti asupan makanan atau pola hidup yang baik dengan berolahraga.

Tetapi, seiring bertambahnya usia, seseorang cenderung kehilangan nafsu makan yang lebih dan makan lebih sedikit protein. Sementara itu, kegiatan berolahraga sering terasa berat untuk dilakukan.

Selain melalui asupan makanan dan olahraga, massa otot juga bisa ditingkatkan melalui konsumsi susu dengan nutrisi lengkap dan seimbang seperti Ensure.

Ensure mengandung triple protein, yakni perpaduan protein whey, kasein, dan soya, yang mudah dicerna dan bertahan lama dalam tubuh, sehingga meningkatkan sintesa protein.

Produk ini merupakan nutrisi lengkap dan seimbang triple protein, omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin C, zinc, selenium, dan nutrisi penting lainnya yang terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan tubuh untuk aktif sepanjang hari.

Massa otot adalah kunci kesehatan seiring bertambahnya usia. Dengan menjaga nutrisi yang tepat dan aktivitas fisik yang teratur, orang dewasa dapat menjaga kesehatan otot untuk meningkatkan kekuatan dan energi.

Ensure tersedia dalam dua pilihan rasa lezat, vanila dan cokelat, serta tersedia dalam kemasan 150 gram, 400 gram, dan 900 gram.

Ayo, jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari dengan minum Ensure dua gelas setiap hari. Dapatkan informasi mengenai gaya hidup sehat di usia dewasa di ensure.co.id

(mul/up)