Kamis, 29 Jul 2021 20:15 WIB

Inovatif! RSI Banjarnegara Bikin Masker Pereda Sesak Napas

U - detikHealth
RSI Banjarnegara membuat masker khusus untuk orang yang tengah sesak nafas Foto: Uje Hartono/detikHealth
Banjarnegara -

Di masa pandemi tenaga kesehatan dituntut untuk melakukan inovasi. Salah satunya yang dilakukan Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dengan membuat masker khusus untuk pemulihan sesak napas.

Direktur RSI Banjarnegara Agus Ujianto mengatakan, masker tersebut menggunakan masker yang biasa dipakai tukang cat atau laboratorium. Namun oleh Tim Litbang RSI Banjarnegara dimodifikasi menggunakan sentuhan teknologi nebulizer dan untuk terapi inhalasi atau pernapasan.

"Nebulizer adalah alat yang mengubah obat cair menjadi uap untuk dihirup ke dalam paru-paru. Fungsi nebulizer adalah untuk melegakan saluran napas yang menyempit," terangnya saat ditemui di RSI Banjarnegara, Kamis (29/7/2021).

Ia menjelaskan, alat temuannya itu memiliki prinsip mengubah cairan seperti minyak eucalyptus atau minyak kayu putih menjadi uap yang bisa dihisap melalui hidung. Hal ini digunakan sebagai terapi yang bersifat melegakan.

"Dalam alat ini ada rangkaian elektronik yang menggunakan daya batre dan bisa di-charge berulang. Ada juga rangkaian elektronik yang mengeluarkan gelombang ultrasonic dan mampu memecah partikel uap menjadi ukuran sekitar 5 mikro. Sehingga yang dihisap tubuh sesuai dengan kebutuhan tubuh, berimbas melegakan pernafasan. Sesuai prinsip nebulizer," jelasnya.

Namun demikian, ia menegaskan jika alat yang diberi nama Masker Candradimuka ini bukan merupakan obat COVID-19. Namun, bisa digunakan bagi pasien COVID-19 untuk melegakan saluran pernapasan. Karena sebagai salah satu alat terapi inhalasi menggunakan metode nebulizer.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KuTips: Cara Bedakan Masker Bedah Asli vs Palsu!"
[Gambas:Video 20detik]