Jumat, 30 Jul 2021 19:45 WIB

Sertifikat Vaksin Pertama Ada di PeduliLindungi.id, Bisa Langsung Download!

Vidya Pinandhita - detikHealth
(Selective focus) Overhead view of an human hand holding a passport and a smart phone with a digital illustration of an example of a certificate of vaccination against the Covid-19 disease. Foto: Getty Images/iStockphoto/Travel Wild
Jakarta -

Seiring PPKM darurat, perjalanan luar kota menggunakan sejumlah transportasi umum mensyaratkan sertifikat vaksin bagi pelaku perjalanan. Ditambah baru-baru ini, pengusaha tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan sertifikat vaksin COVID-19 menjadi syarat pedagang dan pengunjung yang ingin masuk mal. Lalu jika baru menerima 1 dosis vaksin COVID-19, bisakah mengakses PeduliLindungi.id sertifikat vaksin pertama?

Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menyebut, setelah program vaksinasi COVID-19 dilaksanakan untuk para pekerja di pusat perbelanjaan, pengunjung pun perlu menyertakan sertifikat vaksinasi. Ia berharap, langkah ini bisa menggenjot kembali aktivitas ekonomi sembari mengedepankan upaya penanganan pandemi COVID-19.

"Harapannya ritel-ritel itu, kalau mal-mal, harapannya kalau bisa sudah vaksinasi pekerja di dalam mal itu semua, dan kalau yang hadir bisa memberikan bahwa sudah divaksinasi, harapannya tetap dibuka supaya ritelnya pun tetap berjalan," ujarnya dalam dalam dalam siaran langsung Youtube Kadin Indonesia, Minggu (25/7).

"Jadi PPKM kami dukung tapi bersamaan tolong dipikirkan bagaimana roda ekonomi tetap bisa berjalan," lanjutnya.

Peraturan serupa telah diterapkan di sejumlah pusat perbelanjaan, salah satunya PD Pasar Jaya. Seiring perpanjangan PPKM darurat yang direncanakan hingga 2 Agustus 2021 mendatang, PD Pasar Jaya juga membatasi jam operasi hingga maksimal pukul 15.00, disertai pembatasan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

"Pedagang dan pengunjung wajib menunjukkan bukti vaksin (kartu/sertifikat/SMS) untuk memasuki pasar," bunyi aturan yang disampaikan PD Pasar Jaya, dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (30/7/2021).

Jika baru menerima 1 dosis vaksin COVID-19, bisakah mengakses PeduliLindungi.id sertifikat vaksin pertama melalui website dan aplikasi?

Dalam kesempatan lainnya, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, menyebut setiap orang yang sudah menerima vaksin COVID-19 baik dosis 1 atau 2 akan menerima sertifikat dalam waktu 7-10 hari setelah penyuntikan. Jika sertifikat tak kunjung diterima via SMS, penerima vaksin bisa langsung mengakses aplikasi atau website Peduli Lindungi.

Pada website https://pedulilindungi.id/ penerima vaksin perlu menyertakan nama lengkap, NIK, dan nomor ponsel untuk mengunduh sertifikat, atau membuat akun lebih dulu jika belum pernah mengakses. Sedangkan pada aplikasi di ponsel, penerima vaksin perlu menyiapkan identitas nama lengkap dan nomor ponsel.

Baik pada website atau aplikasi PeduliLindungi, tersedia sertifikat vaksin pertama dan kedua yang dapat diunduh secara terpisah.



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)