Sabtu, 31 Jul 2021 09:04 WIB

Minuman Peningkat Imun Tinggi Serat Jadi Incaran Lawan COVID-19

Sponsored - detikHealth
FiberCreme Foto: Dedy Ariyanto
Jakarta -

Di masa pandemi, kesehatan tubuh jadi investasi sangat berharga. Saat COVID-19 menyerang satu per satu orang sekeliling kita, mempertahankan kesehatan sistem imun tubuh menjadi kebutuhan mendesak.

Mulai multivitamin sampai minuman penambah imun dikonsumsi masyarakat untuk membantu menangkal virus. Minuman tinggi serat pun kini tengah jadi perhatian. Salah satu produk tinggi serat, FiberCreme menilai tren ini adalah hal baik sebagai kebiasaan baru yang positif.

Hubungan Serat dan Sistem Imun

Mungkin masih banyak orang mempertanyakan hubungan antara serat dan imunitas. Perlu diketahui, 70% sistem imun berada di saluran cerna, yang kesehatannya sangat bergantung pada konsumsi serat seseorang.

Serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak bisa diserap tubuh, berfungsi sebagai prebiotik atau makanan bagi bakteri baik (probiotik) yang hidup di usus. Dengan makanan yang cukup, probiotik bisa bertahan hidup, berkembang biak, dan mempertahankan jumlah ideal untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Serat terbagi menjadi 2 kategori, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Keduanya memiliki peran masing-masing untuk menyehatkan tubuh. Serat larut terbukti lebih baik untuk mengoptimalkan kerja sistem imun, bisa meningkatkan produksi protein bernama interleukin-4 yang berfungsi meningkatkan sekresi antibodi dan menaikkan imunitas.

Serat larut juga akan difermentasikan oleh bakteri dan diubah jadi asam lemak rantai pendek (SCFA) yang dapat mencegah inflamasi, meningkatkan imunitas, dan menurunkan tingkat keparahannya untuk seseorang terpapar penyakit.

FiberCreme Sebagai Prebiotik

FiberCremeFiberCreme Foto: FiberCreme

Serat larut alami banyak terdapat pada buah-buahan, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Untuk meningkatkan konsumsi serat larut, bisa dari asupan suplemen dan produk tinggi serat seperti FiberCreme.

FiberCreme, krimer serbaguna dibuat dari sumber serat oligosakarida. FiberCreme didapat dari olahan pati singkong dengan minyak kelapa sehat, dapat diaplikasikan ke makanan atau minuman sehari-hari, sebagai pengganti santan dan susu. Membuat lebih mudah menaikkan asupan serat harian melalui asupan harian.

Lebih Sehat dengan Madu

Karena sifatnya serbaguna, FiberCreme sudah banyak dikreasikan jadi hidangan penambah imun. Salah satunya adalah wedang madu. Fungsi FiberCreme untuk kesehatan lebih maksimal dengan tambahan madu.

Selain sebagai pemberi rasa manis alami, madu mengandung vitamin dan mineral, di antaranya vitamin C, potasium, zat besi, dan seng. Madu juga memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, berperan melindungi tubuh dari penyakit.

Banyak penelitian menunjukkan senyawa-senyawa ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Ditambah lagi, antioksidan bisa membantu mengatasi penyakit alergi seperti asa dan rhinitis hingga mencegah penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan stroke.

Cara membuat Wedang Madu FiberCreme

Untuk membuat wedang ini, hanya membutuhkan 2 sendok makan FiberCreme dan 1 sendok makan madu dilarutkan dalam 120 ml air hangat.

Rasanya creamy dan manis, bisa dikonsumsi setiap hari untuk menambah asupan serat harian. Wedang ini juga bisa dicampur dengan bahan lain sesuai selera seperti teh.

Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang

Tubuh memerlukan asupan bergizi seimbang. Artinya, setiap orang harus mengonsumsi bahan makanan lain untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Selain menjaga pola makan, biasakan untuk rajin minum air, hidup bersih, dan rutin beraktivitas fisik.

(Content Promotion/FiberCreme)