Sabtu, 31 Jul 2021 11:22 WIB

Idap Hipertensi, Maria Manfaatkan Program Ini untuk Konsultasi Gratis

Inkana Putri - detikHealth
Peserta JKN-KIS Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

BPJS Kesehatan Cabang Makale kembali menghadirkan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) bagi masyarakat Kecamatan Uluwai, Kabupaten Tana Toraja, Kamis (22/7).

Bersama Laboratorium Prodia, BPJS Kesehatan Cabang Makale telah rutin memantau peserta JKN-KIS yang menderita penyakit diabetes dan hipertensi, yang banyak menyebabkan kematian.

Maria Rante (52) menjadi salah satu peserta Peserta JKN-KIS kelas III yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kabuaten Tana Toraja. Maria juga merupakan peserta Prolanis yang rutin memantau status kesehatannya setiap bulan lantaran memiliki hipertensi.


"Saya sering mengalami sakit luar biasa di area kepala sehingga membuat pandangan saya berputar-putar terkadang malah bisa lebih parah sakitnya apabila saya saya lupa atau terlambat minum obat. Beruntung saya mengikuti Program Prolanis dari BPJS Kesehatan ini, sejak saya mengikuti program ini saya tidak terlalu khawatir apabila penyakit hipertensi saya kambuh sebab saya sudah memiliki obat yang diresepkan rutin setiap bulannya," katanya.

Lewat program ini, Maria mengaku senang karena dapat berkonsultasi kepada dokter di Puskesmas tentang penyakitnya. Salah satunya terkait makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

"Saya sangat senang sekali bergabung dalam Program Prolanis ini, selain dipantau kesehatan secara rutin saya juga bisa berkonsultasi dengan dokter di Puskesmas tempat saya terdaftar tentang apa saja pantangan dari penyakit hipertensi ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Prolanis ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta dan petugas pemeriksa kesehatan diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak.

(mul/up)