Minggu, 01 Agu 2021 08:11 WIB

Tokyo Cetak Rekor 4.058 Kasus Harian COVID-19 di Tengah Gelaran Olimpiade

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Tokyo mencatatkan rekor 4.058 kasus harian COVID-19, sehari setelah memperpanjang status darurat. Ini adalah pertama kalinya tuan rumah Olimpiade 2020 tersebut menembus angka 4 ribu.

Rekor baru ini terpecahkan sehari setelah Jepang memperpanjang status darurat di tiga prefektur di sekitar Tokyo dan Osaka di wilayah barat. Status darurat diperpanjang hingga akhir Agustus karena ada peningkatan kasus.

Terkait kondisi tersebut, penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 dilaporkan telah mencabut akreditasi beberapa orang terkait perhelatan tersebut karena meninggalkan penginapan untuk jalan-jalan.

Tidak disebutkan berapa banyak yang akreditasinya dicabut, maupun apakah mereka adalah atlet, atau di mana pelanggaran terjadi.

Ini merupakan pertama kalinya akreditasi dicabut sejak pembukaan Olimpiade Tokyo pada 23 Juli. Tanpa akreditasi tersebut, seseorang tgidak bisa masuk ke fasilitas manapun di gelaran Olimpiade.

Dikutip dari Aljazeera, total kasus secara nasional tercatat 12.341 hingga pukul 6:30 waktu setempat. Peningkatan ini menandai makin pesatnya laju penularan di negara tersebut.

(up/up)