Senin, 02 Agu 2021 12:14 WIB

Menkes Tegaskan Vaksin Booster Moderna Hanya untuk Nakes

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Indonesia mendapatkan hibah vaksin Moderna sebanyak 3 juta dosis dari Amerika Serikat (AS). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan secara khusus vaksin Moderna diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga atau booster.

"Tolong bapak ibu dan para nakes segera disuntikkan, para Dinkes segera disuntikkan, dan saya memohon dengan sangat, tolong jangan dialihkan ke non-nakes," katanya dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Budi menjelaskan, karena para tenaga kesehatanlah yang menjadi garda terdepan dalam membantu pasien COVID-19. Menkes menegaskan stok vaksin untuk booster nakes ini telah didistribusikan ke seluruh provinsi. Dia meminta vaksin ini segera disuntikkan kepada para nakes.

"Kita harus prioritaskan nakes, karena merekalah tentara kita yang bertempur sehari-hari," kata Menkes.

Menkes juga mengakui banyak non-nakes yang berminat vaksin booster. Namun ia menegaskan agar warga non-nakes jangan dulu meminta vaksin booster.

Belum lagi, masih banyak masyarakat yang bahkan belum mendapatkan vaksin Corona. Ada 140 juta yang belum dapat dosis pertama.

"Jadi tolong bapak ibu, booster ketiga hanya untuk tenaga kesehatan. Karena mereka berisiko tinggi saat membantu kita. Tapi sisanya, tolong kita berikan 140 juta saudara kita yang belum mendapatkan vaksin," ungkapnya.

(ayd/up)